-->

10 Tanaman Obat Yang Berkhasiat Mengobati Asam Urat Secara Alami

Untuk mengobati asam urat secara alami, anda bisa gunakan 10 macam tanaman obat berikut ini :

1. Daun salam
Selain untuk penyedap masakan, daun salam berkhasiat untuk mengobati asam urat.
Caranya, rebus 10-25 lembar daun salam dengan 3 gelas air. Sisakan satu gelas dan jadikan untuk dua kali minum.

2. Kumis kucing
Selain ampuh untuk penghancur batu di ginjal atau saluran kencing. Sifat diuretic dari kumis kucing juga berkhasiat membuang asam urat berlebih melalui kencing.
Caranya membuat ramuan :
Daun kumis kucing kering 10 gram, meniran kering 10 gram, sawi tanah kering 10 gram, jahe merah memar kering 15 gram, dan kapulaga kering 10 gram. Rebus semua bahan bersama satu liter air sampai tersisa 500 ml. Diminum tiga kali sehari.

3. Sambiloto
Sambiloto memiliki sifat antinyeri, antiradang, hingga menawarkan racum. Untuk obat asam urat, yang dimanfaatkan adalah daunnya.
Caranya :
Daun sambiloto kering 10 gram, temulawak 10 gram, komfrey 5-10 gram, lada 1 gram dan 5 gelas air. Rebus semua bahan dan sisakan hingga tiga gelas. Diminum 3 kali sehari masing-masing satu gelas. Minum satu jam sebelum makan, atau dua jam usai makan.

4. Brotowali
Brotowali memiliki khasiat untuk meningkatkan sistem imun tubuh (immuno-modulator). Karena sifatnya tersebut, selain berkhasiat untuk mengatasi diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi dan menyehatkan organ-organ vital tubuh, brotowali juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati asam urat.

5. Jahe Merah
Jahe merah adalah tanaman obat yang bersifat anti peradangan. Jahe merah juga dapat meningkatkan nafsu makan dan memperlancar sistem pencernaan dan pernafasan.
Jahe merah membantu mengurangi peradangan di sendi dan membuang tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah.

6. Teh Hijau
Teh hijau mengandung polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan pencegah serangan asam urat. Selain itu, teh hijau juga mengandung vitamin C dan vitamin E yang bermanfaat bagi penderita asam urat.
Riset oleh universitas Michigan menunjukkan bahwa teh hijau mengandung senyawa yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang mencegah produksi molekul penyebab inflamasi dan kerusakan sendi pada pasien asam urat.

7. Legundi
Bunga dan daun Legundi merupakan tanaman obat yang sangat efektif mengendalikan rasa sakit dan inflamasi karena artritis dan sciatica.

8. Sidaguri
Pada Sidaguri mengandung alkaloid ephedrine, terutama pada bijinya, yang memiliki efek mendinginkan badan (anti demam), melancarkan pencernaan, menyusutkan jaringan (astringent), merangsang produksi air seni (diuretik) dan menguatkan stamina.
Selain efektif untuk asam urat, sidaguri juga bermanfaat mengatasi hematuria, cystitis, kelemahan seksual dan kualitas sperma buruk.

9. Salai Guggul
Resin yang diambil dari pohon tanaman ini dimurnikan dan digunakan untuk mengatasi rasa sakit dan peradangan asam urat. Asam boswelik yang terdapat di dalamnya dikenal juga dapat mengurangi kolesterol dan melindungi hati terhadap bakteri endotoksin.
Bagian non-asam dari ekstrak pohon salai guggul dapat menurunkan tekanan darah dan bersifat menenangkan.

10. Habbatussauda
Habbatussauda yang memiliki efek yang anti radang sangat cocok untuk meredakan peradangan akibat asam urat. Selain itu, jintan hitam juga berkhasiat meredakan asma, flu dan alergi, mengurangi tekanan darah tinggi, mencegah batu empedu, mencegah kanker, dan banyak lainnya.

Lihat juga :

Anda mungkin menyukai postingan ini