-->

Daftar Tanaman Pengusir Nyamuk, Lengkap Dari A Sampai Z

Dari berbagai cara untuk mengusir nyamuk yang telah diketahui selama ini, salah satu cara yang cukup efiesien adalah dengan cara alami. Yang dimaksud dengan cara alami disini adalah dengan memanfaatkan beberapa jenis tanaman tertentu.
Sebagaimana diketahui, beberapa jenis tanaman tertentu menghasilkan zat alami yang tidak disukai oleh nyamuk, sehingga nyamuk tidak berani mendekat ketika sebuah tempat atau ruangan terdapat tanaman tersebut. Tanaman apa saja yang mampu mengusir nyamuk ?

Berikut Daftar Tanaman Untuk Mengusir Nyamuk, Lengkap Dari A Sampai Z :

1. Akar Wangi
Tanaman akar wangi menghasilkan bau yang tidak disukai nyamuk. Bagi nyamuk bau menyengat dari akar wangi dapat mematikannya. Dengan menanam tumbuhan akar wangi mampu mengendalikan populasi nyamuk, terutama nyamuk Aedes Aegepty penyebab penyakit deman berdarah.

2. Catnip

Dalam tanaman Catnip terkandung zat alami yang disebut dengan Nepetlactone. Kandungan bahan kimia dalam Catnip ini cukup ampuh untuk mengusir nyamuk untuk berani dekat-dekat.
Selain itu bahan ini juga bisa digunakan untuk mengusir kecoak, kumbang dan kutu.
Jadi ibaratnya sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Tanaman Catnip mudah tumbuh dan bisa juga dijadikan tanaman hias.

3. Citrosa Mosquito
Namanya cukup keren, sebab tanaman ini memang berasal dari negeri Kincir Angin, Belanda.
Citrosa berasal dari kata Citrus yang berarti jeruk atau lemon.
Mosquito artinya nyamuk.
Jadi dari namanya sudah ketahuan jika tanaman ini menghasilkan aroma yang berbau lemon. Begitu kuatnya bau lemon yang dihasilkan oleh tanaman ini menjadikan nyamuk tidak berani mendekat.
Menanam Citrosa Mosquito merupakan cara yang ampuh untuk mengusir nyamuk.
Untuk penanaman juga cukup mudah. Tanpa perawatan khusus.
Yang diperlukan tanaman ini hanyalah sinar matahari dan air dalam jumlah cukup.

4. Eucaliptus
Secara umum dikenal sebagai minyak kayu putih. Minyak atsiri yang dihasilkan oleh daun pohon Eucaliptus sangat tidak disukai nyamuk.

5. Geranium
Geranium adalah nama asing. Nama lokalnya adalah pohon Tapak Dara.
Nyamuk tidak berani dekat-dekat bila ada pohon Geranium ini. Sebab Geranium atau Tapak Dara mengandung zat yang bernama geraniol dan sitronelol .
Aroma keduanya sangat tidak disukai nyamuk.

6. Kecombrang
Termasuk tumbuhan rempah. Nama latinnya Etlingera eliator ; Nicolaia elatior, Phaeomeria speciosa. Nama lokalnya Kantan atau honje (Jawa barat), Kincung (Medan), Siantan(Malaya), Kaalaa (Muangthai). Bagian dari tanaman ini yang dapat mengusir nyamuk adalah bunganya. Bijinya dapat dimanfaatkan untuk sayuran.

7. Lavender
Aslinya dari Negara manca, Swiss tepatnya, di pegunungan Alven lokasi tumbuhnya. Dalam bunga Lavender terkandung zat yang bernama Linalool dan Lynalyl Acetate. Kedua zat ini sangat tidak disukai oleh nyamuk.

8. Marigold
Sama seperti Lavender, pohon Marigold juga berasal dari manca Negara, yaitu Mexico dan Guatemala. Dan sama juga dengan Lavender, Marigold juga tidak disukai nyamuk karena menghasilkan aroma yang tidak enak, meski bunganya berwarna-warni. Karena baunya pula Marigold disebut juga sebagai bunga Tai Kotok, atau bunga Tai Ayam. Nama lainnya berdasarkan jenisnya adalah Tagetes Erecta dan Tagetes Patula

9. Mintrosa Of Lady Diana
Sama dengan Citrosa Mosquitu, Mintrosa Of Lady Diana merupakan tanaman import dari negeri Belanda. Aroma yang dikeluarkan oleh bunga Mintrosa Of Lady Diana sebenarnya sangat segar ( bagi hidung manusia ) namun snagat tidak disukai nyamuk.

10. Rosemary
Pernah menggunakan minyak Telon ?
Seperti itulah bau yang dikeluarkan oleh Rosemary. Nyamuk tidak berani dekat-dekat dengan bau ini sebab bisa membuatnya stress dan indra penciumannya kacau.

11. Selasih
Dalam tanaman Selasih terkandung zat yang mudah menguap berupa eugenol, linalool dan geraniol.
Bau tajam yang dihasilkan pohon Selasih menjadikan nyamuk tidak berani mendekat. Zat-zat tersebut juga dapat berfungsi sebagai penolak serangga.

12. Serai wangi
Kandungan zat Geraniol dan Sitronelal dalam Serai wangi menghasilkan aroma yang khas, dan sangat tidak disukai nyamuk. Tanaman yang termasuk keluarga rumput-rumputan ini juga bisa dimanfaatkan sebagai penyedap masakan.

13. Sirih
Daun sirih sudah dikenal lama memiliki banyak khasiat bagi kesehatan dan pengobatan. Daun sirih ternyata juga efektif untuk mengusir nyamuk.

14. Suren
Dalam tanaman Suren terkandung zat Surenon, Surenin dan surenolakton.
Bahan-bahan tersebut dapat berfungsi sebagai pengusir atau penolak serangga ( repellant ). Dalam hal ini termasuk juga nyamuk. Selain itu juga dapat berfungsi sebagai insektisida dan antifeedant (menghambat daya makan) larva serangga.

15. Zodia
Meskipun namanya terdengar asing, namun Tanaman ini aslinya dari Indonesia, tepatnya tanah Papua. Dalam Zodia terkandung zat Evodiamine dan Rutaecarpine yang menjadikan nyamuk tidak berani mendekat, begitu mencium aromanya.

Lihat juga :

Anda mungkin menyukai postingan ini