-->

Cara Mengolah Cacing Tanah Untuk Obat Tipus Yang Mujarab

Secara garis besar terdapat 2 spesies cacing tanah yang bisa dimanfaatkan sebagai obat. Yaitu :
1. Lumbricus rubellus (dikenal dengan cacing Eropa atau introduksi)
2. Pheretima aspergillum (dikenal dengan nama cacing kalung atau dilog)

Mungkin ada yang bertanya, mengapa harus repot-repot mengolah cacing tanah, binatang yang bagi masyarakat umum dikenal menjijikkan ?
Yang perlu diketahui, meski terlihat menjijikkan, cacing tanah ternyata memiliki banyak khasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Masyarakat tradisional telah mengetahui hal ini.

Sebagian masyarakat di Bangkalan, Madura bahkan sengaja dan kerap “berburu” cacing tanah untuk diolah dan dijadikan ramuan obat yang mujarab.

Salah satu contoh khasiat pengobatan yang sangat mujarab dari cacing tanah adalah untuk mengobati penyakit tipus secara alami namun sangat mujarab.

Demikian berkhasiatnya cacing tanah untuk pengobatan, bahkan pada jaman Mesir kuno di Pada zaman Cleopatra, bangsa Mesir menganggap cacing tanah sebagai makhluk suci.
Sedangkan di Yunani, Socrates bahkan menyebut cacing tanah sebagai “ususnya tanah”.

Namun untuk bisa dimanfaatkan sebagai obat, cacing tanah haruslah diolah terlebih dulu. Sebab rasa cacing tanah ini sangat pahit dan “cetar”.
Bahkan ketika salah olah, rasa cacing tanah yang sangat tidak enak ini akan tetap terasa.
Sebenarnya ada banyak cara untuk mengolah cacing tanah sebagai obat tipus.

Namun salah satu cara yang paling mudah untuk mengolah cacing tanah untuk dijadikan obat adalah langkah berikut :

1. Siapkan cacing tanah Cari cacing tanah yang berwarna merah dengan ukuran agak kecil, bukannya cacing tanah yang berwarna hitam dan besar atau cacing kruntel yang biasa digunakan untuk umpan memancing.
2. Belah tubuh cacing tanah, lalu bersihkan dari kotoran dan atau tanah yang menempel, sebaiknya digunakan air yang mengalir dari kran. Pastikan benar-benar bersih.
3. Setelah benar-benar bersih tambahkan dengan 3 gelas air
4. Rebus hingga mendidih
5. Matikan api, turunkan lalu biarkan agak dingin
6. Saring dan ambil sarinya
7. Minum sari rebusan cacing tanah ini untuk obat tipus yang ampuh sebanyak 3 kali sehari. Bisa diminum dalam keadaan hangat atua dingin.

Dari pengalaman, hanya dengan minum beberapa kali rebusan cacing tanah ini keluhan penyakit tipus – terutama demam yang tinggi – akan dengan cepat mereda.
Selanjutnya, tinggal untuk masa pemulihan. Selamat mencoba.
Dan lihat juga :

Anda mungkin menyukai postingan ini