-->

Cara Menggunakan Tanaman Pacar Air Untuk Mengobati Penyakit Radang Usus Buntu Kronis dan Penyakit Kanker

Entah apa sebabnya tanaman yang sering digunakan sebagai kutex alami oleh kaum wanita ini di Indonesia disebut dengan “pacar air”.
Bisa jadi karena batangnya yang memiliki kemampuan bagus dalam mengisap air, atau mungkin juga karena tanaman yang batangnya tidak bisa menjadi kayu dan tingginya hanya sekitar 1 meteran ini tidak bisa hidup di lingkungan yang kering
Tanaman pacar air yang memiliki nama ilmiah Impatiens balsamina L merupakan tanaman yang dari Asia Selatan dan Asia Tenggara, sehingga masyarakat Indonesia sudah begitu kenal dengan tanaman ini.
Meski tanaman pacar air sebenarnya memiliki bunga yang cukup bagus, menyerupai bunga anggrek yang kecil berwarna putih, merah, ungu, atau merah jambu namun tanaman pacar air cukup jarang digunakan sebagai tanaman hias.
Penggunaan yang umum tanaman pacar air oleh masyarakat Indonesia malah lebih banyak untuk pengobatan tradisional, dan tentu saja sebagai kutex atau pewarna kuku alami sebagaimana disebut diatas.
Dan eloknya, hampir semua bagian dari tanaman ini bisa dimanfaatkan sebagai obat.
Mulai dari daun, bunga, biji hingga akarnya.

Khasiat pengobatan dari tanaman pacar air yang begitu beragam tersebut karena adanya kandungan alami berupa anthocynanin, cynidin, delphinidin, pelargonidin, malvidun, kaempherol, quercetin dan juga cynidin, serta mono glycosine.
Hanya saja untuk memanfaatkan tanaman pacar air sebagai obat alami sebaiknya berhati-hati, terutama untuk pemakaian dalam atau diminum.
Sebab secara alami tanaman pacar air meski bersifat hangat sehingga berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah dan melunakkan masa atau benjolan yang keras juga rasanya pahit dan agak beracun

Dengan kandungan dan sifat alaminya di atas, tanaman pacar air bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk beberapa penyakit kronis, misalnya untuk penyakit Radang usus buntu kronis atau cronic appendicitis dan juga untuk mencegah dan mengatasi kanker atau karsinoma.

● Cara memanfaatkan pacar air untuk mengobati Radang usus buntu kronis

Untuk memanfaatkan tanaman pacar air sebagai ramuan obat alami bagi penyakit Radang usus buntu kronis dapat dilakukan dengan cara berikut :
Bahan yang dibutuhkan :
- Biji pacar air = 30 gram
- Daun sambiloto (Andrographis panniculata Nees.) = 30 gram
- Air = 600 ml

Cara membuat ramuan :
- Biji pacar air dan rumput mutiara direbus dalam air
- Terus didihkan hingga airnya tersisa setengahnya saja ( 300 ml )
- Angkat dari api, dinginkan dan saring
- Minum ramuan 2 kali sehari, lakukan secara rutin

● Cara memanfaatkan pacar air untuk mencegah dan mengatasi kanker

Sedangkan untuk memanfaatkan tanaman pacar air sebagai ramuan obat alami bagi penyakit kanker dapat dilakukan dengan cara berikut :

Bahan yang dibutuhkan :
- Biji pacar air = 15 gram
- Rumput mutiara (Hedyotis corymbosa [L.] Lamk.) = , 30 gram
- Air = 600 ml

Cara membuat ramuan :
- Biji pacar air dan rumput mutiara direbus dalam air
- Terus didihkan hingga airnya tersisa setengahnya saja ( 300 ml )
- Angkat dari api, dinginkan dan saring
- Minum ramuan 2 kali sehari.
Lihat juga :

Anda mungkin menyukai postingan ini