-->

Kamu Pasti Tidak Percaya Jika Bumbu Dapur Ini Ampuh Untuk Mengobati Jerawat

Bagi yang berjerawat mungkin kerap kali merasa kebingungan, sebab jerawat yang diderita tidak sembuh-sembuh. Berbagai cara, berbagai obat telah dicoba, jerawat tetap tidak mau minggat juga. Padahal tahukah anda jika jerawat ternyata dapat diobati, tidak hanya dengan cara yang mudah tetapi juga sangat murah, yaitu dengan menggunakan bumbu dapur yang satu ini.

Bawang putih, salah satu bumbu dapur yang paling banyak digunakan oleh ibu rumah tangga ternyata cukup ampuh untuk mengobati jerawat.

Hal tersebut setidaknya yang diungkap oleh pakar kesehatan – kecantikan. Sebagaimana dilansir dari laman CNNIndonesia.com, seorang dokter partner Konsula, bernama dr. Murni Fianty menjelaskan bahwa bawang putih – bumbu dapur yang paling sering digunakan ibu rumah tangga - memiliki kandungan alami yang berkhasiat untuk penangkal jerawat.
Di dalam bawang putih terkandung Allicin, yang memiliki kemampuan dalam mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Sebagaimana dikutip dari CNN Indonesia, dr Murni menjelaskan :
“Meskipun aromanya menyengat namun bawang putih memiliki banyak khasiat untuk kesehatan manusia. Bawang putih mengandung zat multifungsi yang berperan sebagai antivirus, antijamur, antioksidan dan antiseptik. Oleh karena itu, bawang putih menjadi salah satu bahan alami yang bisa dijadikan sebagai obat jerawat,” .
Dalam penjelasannya lebih lanjut, ditambahkan bahwa ekstrak bawang putih memiliki daya hambat pertumbuhan bakteri Propionibacterium Acne – yang nota bene merupakan bakteri penyebab timbulnya jerawat – dengan efektivitas hingga sebesar 55 persen.

Lalu bagaimana cara menggunakan bawang putih untuk mengobati jerawat ?

Dr. Murni juga menjelaskan bagaimana cara memanfaatkan bawang putih ini untuk mengatasi masalah jerawat.

Berikut cara mengatasi masalah jerawat “ala dr. Murni” dengan menggunakan bawang putih :

- Siapkan kurang lebih 350 gram bawang putih yang telah dikupas
- Setelah dikupas, parut bawang putih tersebut hingga cukup lembut
Agar bisa diperoleh ekstrak bawang putih secara penuh, permukaan parut sebaiknya terlebih dulu dialasi dengan plastik
- Gunakan kain kassa yang steril untuk menyaring bawang putih hingga didapat ekstraknya
- Tampung ekstrak bawang putih dalam botol atau wadah yang steril
- Untuk mengobati jerawat, gunakan ektrak bawang putih tersebut dengan dioleskan / dibubuhkan pada bagian tubuh yang berjerawat
- Diamkan sekitar 10 menit agar ekstrak bawang putih merasuk dan bereaksi
- Lakukan terapi bawang putih ini pada malam hari

Penggunaan ekstrak bawang putih untuk mengobati jerawat lebih ampuh untuk jerawat yang baru muncul dan belum terlalu parah.
Pada jerawat jenis ini, ketika malam harinya dibubuhi dengan ekstrak bawang putih, pada pagi harinya, jerawat tersebut biasanya sudah kempes dan mengecil.

Untuk jerawat lama dan yang membandel, karena bekerja secara alami ekstrak bawang putih butuh waktu yang sedikit lebih lama untuk penyembuhannya bila dibandingkan dengan obat-obatan berbahan kimia. Karena itu perlu dilakukan secara rutin dan teratur.
Namun ketika ekstrak bawang putih ini benar-benar diaplikasikan secara rutin dan teratur, bisa memberantas bakteri penyebab jerawat. Sebab pada dasarnya, kebanyakan jerawat disebabkan dan diperparah oleh aksi bakteri Propionibacterium Acne.

Karena itu cara terbaik untuk mencegah dan mengatasi jerawat sebenarnya adalah dengan menjaga kebersihan kulit, terutama kulit wajah.
Dengan kulit wajah yang senantiasa terjaga bersih, bakteri tidak akan bisa tumbuh dan berkembang sehingga, jerawat akan berkurang dan hilang dengan sendirinya.

Nah, seperti itulah cara mengatasi jerawat dengan bahan alami menggunakan bawang putih ala dr. Murni.

Karena itu jika kebetulan berjerawat mungkin tidak ada ruginya untuk mencoba keampuhan bumbu dapur tersebut. Sebab selain mudah juga sangat murah.
Sebab bagaimanapun juga, pada kebanyakan kasus meski Jerawat tidak membahayakan kesehatan, namun bisa merusak penampilan.
Terlebih jika jerawat ini muncul ketika hendak menghadiri acara penting.
Lihat juga :

Anda mungkin menyukai postingan ini