-->

Hei, Kamu Yang Lagi Galau....Harusnya Kamu Tahu 8 Khasiat Hebat Jahe Yang Pas Untuk Kamu Ini

Tentang apa itu jahe, tak perlu dibahas lagi. Karena semua orang telah mengetahui. Tetapi tentang apa saja khasiat jahe, mungkin tidak semua orang mengetahui.

Padahal selain hanya digunakan untuk sebagai minuman wedang jahe penghangat badan, nyatanya, jahe memiliki 8 khasiat hebat lainnya, tentu saja untuk kesehatan.

Apa saja itu ?
● Khasiat jahe

Berikut 8 Khasiat hebat Jahe yang harusnya diketahui ! Termasuk untuk kamu...iya ..kamu ...yang lagi galau...



1. Jahe berkhasiat melancarkan aliran darah

Pasalnya, dalam Jahe terkandung Kromium, Magnesium, dan Seng. Mineral yang memang diperlukan untuk menjaga aliran darah supaya tetap sehat dan normal.

2. Jahe berkhasiat meningkatkan laju metabolisme tubuh

Sebab Jahe dapat meningkatkan suhu tubuh dan membantu mempercepat pembakaran.

3. Jahe berkhasiat mengurangi masalah nyeri otot

Jahe dapat berperan sebagai agen anti-inflamasi kuat. Terutama untuk menghalangi pembentukan prostaglandin, dan leukotrin. Yaitu zat yang menyebabkan masalah nyeri otot.

4. Jahe berkhasiat mengurangi peradangan

Dengan efek antioksidan-nya, jahe berkhasiat mengurangi terjadinya peradangan.

5. Jahe berkhasiat mengurangi rasa cemas dan galau

Zat bernama Gengerol dalam Jahe yang juga merupakan jenis antioksidan kuat lainnya dapat membantu membersihkan zat berbahaya yang diproduksi tubuh saat sedang cemas dan galau.

6. Jahe berkhasiat membantu pengobatan asma lebih efisien

Peneliti dari Columbia University menyebutkan, ketika dikonsumsi bersama pengobatan bronkodilatasi, jahe akan membantu menciptakan rasa rileks pada otot halus di sekitar saluran pernapasan. Sehingga pengobatan penyakit asma lebih efisien.

7. Jahe berkhasiat mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar

Riset dari University of Mennesota's Hormel Institute menyatakan, dalam jahe terdapat senyawa-senyawa yang bersifat antikanker. Utamanya untuk sel kanker usus besar.

8. Jahe berkhasiat mengatasi masalah Morning Sickness

Tahu kan morning sickness ?
Itu lho,gampangnya .....munculnya gangguan rasa mual di pagi hari pada kamu.. eh..ibu yang sedang hamil. Kalau yang ini adalah hasil riset American Pregnancy Association.
Hanya saja, sebaiknya konsultasi dengan dokter dulu. Sebab khasiatnya agak kurang konsisten dan juga mungkin memiliki efek samping.

● Lalu apa efek samping dari mengkonsumsi jahe ?

Sebenarnya efek samping dari jahe cukup kecil.
Yang umum terjadi adalah munculnya rasa kembung, mulas, dan mual.
Itulah sebabnya ibu hamil disarankan konsultasi dulu sebelum mengkonsumsi jahe. Takut ada apa-apa dengan janin yang ada di kandungnya ( selain rasa hangat yang ditimbulkan jahe ).

Hanya saja ketika diminum berbarengan dengan mengkonsumsi obat-obatan, seperti obat pengencer darah seperti aspirin, antikoagulan seperti warfarin (coumadin), obat anti-platelet seperti clopidogrel (Plavix), dan obat anti inflamasi seperti ibuprofen (Motrin, Advil) atau naproxen (Naprosyn, Aleve), efek jahe memang bisa meningkatkan terjadinya risiko pendarahan.
Selain itu Jahe juga dapat mengganggu kinerja obat-obatan yang mengubah kontraksi jantung, termasuk beta-blocker dan digoxin.

Tetapi jika jahe dikonsumsi normal-normal saja, tidak sampai berbatang-batang, biasanya jahe tidak akan menimbulkan efek samping apa-apa.

● Cara membuat wedang jahe yang baik dan benar


Makanya bagi kamu yang sedang galau, enaknya minum jahe anget saja.
Sebab cara yang benar untuk membuat wedang jahe adalah dengan menyeduhnya menggunakan air hangat bersuhu 60-70 derajat.
Membuat wedang jahe dengan menyeduhnya menggunakan air mendidih atau mendekati 100 derajat celcius justru akan menghilangkan senyawa aktif berkhasiat dalam jahe.

Dengan minum wedang jahe, selain badan jadi anget, rasa galau kamu hilang. Tubuh jadi lebih segar karena aliran darah lancar, rasa nyeri juga melayang.

Cukup ? Atau mau tahu khasiat jahe lainnya ?
Coba simak ini :

Anda mungkin menyukai postingan ini