-->

Khasiat Kesehatan Beberapa Bumbu Dapur Yang Biasa Digunakan Sehari-Hari Yang Wajib Ibu Ketahui

Bagi ibu rumah tangga, yang namanya bumbu dapur tentu sudah merupakan hal yang amat sangat biasa. Sebab bumbu dapur memang merupakan “makanan” sehari-hari saat memasak.
Meski demikian, belum tentu semua ibu tahu apa manfaat dan khasiat bumbu dapur yang sebenarnya telah digunakan setiap hari.

Padahal, selain memiliki fungsi utama sebagai penyedap masakan, beberapa bumbu dapur ternyata memiliki khasiat yang hebat bagi kesehatan.

Karena itulah tentu ada baiknya jika ibu mengetahui apa saja khasiat bumbu dapur yang digunakan.

Dengan demikian ibu setidaknya tahu, bagaimana dan apa saja bumbu dapur yang seharusnya digunakan “lebih berani” ketika – misalnya – ada anggota keluarga yang kebetulan mengidap gangguan kesehatan atau penyakit tertentu.

Karena itu berikut khasiat kesehatan beberapa bumbu dapur yang biasa digunakan sehari-hari yang sepertinya akan lebih baik Ibu ketahui :



● Keluarga Bawang : Bawang bombai, Bawang merah, Bawang putih

Mengandung :
Allisin, alliin liase,S-allil sistein, ajoene, selenium, provitamin A, vitamin C dan Antibiotika alami
Berkhasiat untuk :
Meredakan radang dan flu, mengatasi demam dan masuk angin, mengontrol kadar gula darah, mengendalikan kolesterol dan trigliserida darah, mengurangi risiko stroke dan serangan jantung, menurunkan risiko serangan kanker, mengatasi hipertensi, memperbaiki sistem kekebalan tubuh, meremajakan sel dan meningkatkan fungsi otak.

● Cabai Merah

Mengandung :
Betakaroten, lutein, likopen, vitamin C, kalsium, fosfor, kapsaisin.
Berkhasiat untuk :
Menenangkan dan meredakan sakit kepala, membuat tubuh lebih rileks dan menghilangkan pegal, memulihkan stamina, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menangkal flu, menurunkan risiko penyakit kanker, dan memperbaiki kerja organ pencernaan.

● Kunyit

Mengandung :
Kurkumin, minyak asiri turmeron, zingiberena, fellandren, sesquiterpena alkohol, borneol.
Berkhasiat untuk :
Memperbaiki fungsi pencernaan, menurunkan kelebihan kolesterol dan trigliserida dalam darah dengan cara menggiatkan fungsi empedu, meringankan gangguan lambung karena kunyit mampu membantu mengontrol produksi asam lambung, serta meningkatkan vitalitas tubuh.

● Kencur

Mengandung :
Minyak asiri borneol, kamferin, sineol, etilalkohol.
Berkhasiat untuk :
Memperbaiki stamina tubuh, menenangkan dan membuat tubuh menjadi lebih rileks, meredakan kekakuan otot dan menghilangkan pegal, mengatasi penyakit asma, dan meredakan batuk-pilek.
Simak juga :

● Jahe

Mengandung :
Sineol, zingeron, borneol, sitral, fellandren, kamferin, sogaol.
Berkhasiat untuk :
Meningkatkan fungsi pencernaan dan mengusir masuk angin, menghilangkan rasa pegal dan meningkatkan stamina tubuh, mengatasi masalah lendir (dahak, ingus, dan sebagainya.), menggiatkan fungsi hati, serta meredakan demam.

● Lengkuas

Mengandung :
Galangin, galangol, kristal kuning, kamferin, eugenol, sineol, pinen, metal sinamat, seskueterpena.
Berkhasiat untuk :
Menggiatkan fungsi pencernaan, meningkatkan stamina dan vitalitas s3ksu4l, memperbaiki kinerja pembuangan racun dari dalam tubuh, menghilangkan kelebihan lendir (dahak, ingus, dan sebagainya.), mengatasi sariawan, dan mengobati masalah radang.

● Belimbing sayur (Belimbing wuluh)

Mengandung :
Belerang, zat besi, kalsium, fosfor, kalium, vitamin C, vitamin B1, asam format.
Berkhasiat untuk :
Mengontrol tekanan darah, mengendalikan kadar gula darah dengan cara menggiatkan fungsi pankreas dalam memproduksi hormon insulin, mengaktifkan fungsi organ pencernaan, dan mengatasi masalah peradangan.

● Daun Jeruk

Mengandung :
Vitamin B1, vitamin C, kalsium, fosfor, minyak atsiri (sitral, limonene, fellandren, kamferin, geranil dan linanen asetat, cadinen).
Berkhasiat untuk :
Menenangkan dan membuat tubuh rileks, mengusir rasa stres, memulihkan stamina tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi, dan meredakan demam.

● Serai

Mengandung :
Sitral, sitronellol, geraniol, metileptenon, n-desilaldehida, linalol.
Berkhasiat untuk :
Menyegarkan dan meningkatkan stamina, mengatasi masalah stres dan sakit kepala, meremajakan sel, dan mengobati diare.

Nah ibu, itulah khasiat kesehatan beberapa bumbu dapur yang biasa digunakan sehari-hari.

Dengan mengetahui apa khasiat dari bumbu dapur tersebut, kini ibu bisa memilah dan memilih mana-mana saja bumbu dapur yang harus digunakan ( juga yang sebaiknya dihindari ) guna menjaga dan mengatasi bila seandainya ada gangguan kesehatan atau penyakit yang diderita oleh anggota keluarga anda.
Semoga bermanfaat.
Silahkan simak juga :

Anda mungkin menyukai postingan ini