-->

Lebih Sehat Dengan Nasi

Jika pada posting sebelumnya telah dibahas tentang kehebatan dan khasiat umbi dewa dalam melawan tumor, posting kali ini akan kami uraikan tentang cara Lebih Sehat dengan Nasi.
Seperti yang telah diketahui, nasi adalah makanan pokok kita sehari-hari. Juga menjadi makanan pokok sebagaian besar penduduk di Asia Tenggara.
Karena sudah menjadi makanan pokok, seringkali kita menyepelekan dan menganggap remeh khasiat nasi ini.( Bahkan ada yang berusaha “meninggalkan” nasi ini ).

Tapi tahukah anda jika nasi tidak hanya sekadar membuat kenyang, tetapi ternyata nasi sangat bermanfaat pada kesehatan tubuh manusia ?

Bahkan bagi anda – baik pria dan wanita – yang mengidamkan tubuh langsing dan ideal, nasi adalah jawaban tepat sebagai terapinya.

Anda mungkin tidak percaya dengan fakta ini. Tetapi menurut temuan beberapa lembaga penelitian ternama, nasi mempunyai khasiat yang tidak kita duga sebelumnya. Tapi tentu saja untuk mencapai khasiat itu harus dilakukan dengan waktu, ukuran dan takaran yang tepat.

Jika ingin tahu lebih jauh tentang khasiat nasi dan cara konsumsinya, coba simak cara sehat dengan nasi berikut ini :



Dengan memberikan asupan serat yang mudah larut ( misal dari beras merah ) sebanyak 5-10 gr sehari, Anda akan menurunkan kadar kolesterol jahat hingga 5 persen, juga cenderung memiliki kadar kolesterol jahat yang lebih rendah, dan kolesterol baik yang lebih tinggi.

Nasi membantu mencegah berat badan naik

Peneliti dari Brigham Young University di Utah, AS, mendapati bahwa mereka yang meningkatkan asupan seratnya secara umum akan kehilangan berat badan. Hal ini terjadi pada perempuan paruh baya yang dimonitor pola makannya selama dua tahun.
Sebaliknya, perempuan yang mengurangi asupan serat dari makanannya justru berat badannya naik. Dan nasi sangat baik untuk tujuan ini.

Merampingkan lingkar pinggang dengan nasi


Menurut penelitian baru yang dimuat di Journal of Nutrition dikatakan bahwa orang dewasa yang makan sekitar tiga porsi nasi sehari, memiliki lemak tubuh 2,4 persen lebih sedikit, dan lemak perut 3,6 persen lebih sedikit, daripada mereka yang makan kurang dari seperempat porsi. Mengkonsumsi membantu mengurangi lemak tubuh dan lemak perut.

Nasi membantu memecah lemak

Menurut sebuah studi dari Journal of Nutrition, sarapan dengan nasi 3 jam sebelum latihan, akan membantu Anda membakar lemak lebih banyak, karena sifat nasi yang tidak menaikkan gula darah dengan cepat, demikian menurut sebuah studi dari Journal of Nutrition.
Tingkat insulin tidak meningkat cepat, dan karena insulin berperan memberi tanda bahwa tubuh menyimpan lemak, memastikan tingkat insulin yang lebih rendah akan membantu Anda membakar lemak

Nasi membantu menajamkan memori

Perempuan overweight yang menjalani diet rendah karbohidrat selama seminggu (benar-benar tidak mengonsumsi nasi) ternyata mendapatkan nilai yang lebih buruk dalam tes memori.
Dari sini salah satunya dapat disimpulkan jika mengkonsumsi nasi dapat membantu meningkatkan memori.

Nasi membantu mendongkrak mood.

Ini kabar baik bagi orang yang mood nya angin-anginan.
Studi dari Archives of Internal Medicine menunjukkan, orang yang menjalani diet rendah karbohidrat yang berat selama setahun (hanya mengonsumsi sekitar 1/2 cangkir nasi atau selembar roti), cenderung mengalami depresi, kegelisahan, dan mudah marah.
Kadarnya jauh melebihi orang yang mengonsumsi diet rendah lemak-tinggi nasi, yang hanya makan produk olahan susu rendah lemak, gandum utuh, buah-buahan, dan kacang-kacangan.
Hal ini dikarenakan Karbohidrat mendukung produksi Serotonin, senyawa kimia dalam otak yang menimbulkan perasaan senang.

Jadi, dengan mengkonsumsi nasi, anda tidak hanya kenyang, teapi juga lebih sehat.

Anda mungkin menyukai postingan ini