-->

5 Jenis Tanaman Ini Bisa Digunakan Sebagai Pengusir Nyamuk Alami

Nyamuk ! Kecil-kecil menjengkelkan.
Nyamuknya sendiri sih mungkin tidak menjadi masalah. Tetapi teman-teman nyamuk lainnya yang buuaanyak jumlahnya itu yang menjadi masalah. Jika mengginggit, gatalnya bukan main. Dan tidak hanya masalah gatal, pada nyamuk tertentu akan menimbulkan penyakit. Demam berdarah misalnya.

Saat ini, untuk mengatasinya sih sebenarnya cukup mudah.
Kalau menurut iklan, tinggal semprotkan saja, nyamuk hilang. Atau pakai produk pengusir nyamuk lainnya, tinggal bakar, tinggal oles atau tinggal tancep, nyamuk akan bablas sendirinya.

Namun menurut iklan pula, kalau disemprot, bagaimana dengan bahan kimia yang ditinggalkan selama berhari-hari, pada kasur dan bantal ? Jika dibakar ? Nanti bau….belum lagi sesak nafas. Jika dioles, nanti kulitnya alergi…atau merah-merah. Jika ditancep,…nanti biaya tagihan listrik membengkak.
Kok jadi serba repot ya…….

Karena itulah ada beberapa orang yang lebih menyukai mengusir nyamuk secara alami. Nah jika anda termasuk golongan orang yang ini, 5 Jenis Tanaman Ini Bisa Digunakan Sebagai Pengusir Nyamuk Alami.

Apa saja tanaman itu ?
Ini dia :

1. Lavender
Bunga Lavender sudah dikenal luas sebagai tanaman yang memiliki kemampuan mengusir nyamuk secara alami. Hal ini disebabkan bunga lavender memiliki aroma yang tidak disukai oleh nyamuk.
Untuk menggunakan bunga lavender sebagai pengusir nyamuk, caranya cukup mudah.
Remas - remas bunga lavender samapi halus, lalau gosokkan ke seluruh permukaan kulit.

2. Geranium
Sebagaimana layaknya bunga Lavender, Geranium juga sudah cukup popular sebagai pengusir nyamuk. Geranium sedniri merupakan sejenis tanaman perdu yang tingginya antara 20 cm sampai 60 cm.
Bentuknya yang indah, menjadikan Geranium sering di jadikan sebagai tanaman hias.
Kemampuan Geranium dalam mengusir nyamuk, sama seperti lavender, karena memiliki aroma yang tidak disukai nyamuk.
Tetapi aroma Geranium sebenarnya sangat wangi untuk indera penciuman sehingga malah enak untuk di cium.

3. Sukun
Tidak hanya enak untuk dikonsumsi, sukun ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan pengusir nyamuk alami. Dalam hal ini yang digunakan adalah bungannya.
Untuk memanfaatkan bunga Sukun sebagai pengusir nyamuk alami, caranya juga mudah seperti layaknya menggunakan obat nyamuk bakar.
Ambil bunga Sukun yang sudah matang dan jatuh ke tanah. Pilih yang benar-benar kering. Kemudian bakar bunga sukun tersebut layaknya obat nyamuk bakar untuk mengusir nyamuk.
Cara ini mungkin kurang disukai, namun bisa digunakan dalam kondisi darurat.

4. Selasih
Pohon Selasih juga bisa digunakan untuk mengusir nyamuk secara alami.
Untuk tujuan ini yang digunakan adalah daunnya. Sebab pada daun selasih mengandung senyawa Eugenol, Linalool, serta geraniol yang berkhasiat mengusir nyamuk

5. Zodia
Mungkin tanaman yan gterakhir ini kurang cukup familiar jika dibandingkan dengan ke 4 tanaman di atas. Sebab Zodia memang merupakan salah jenis tanaman yang berasal dari wilayah Papua.
Zodia memiliki manfaat yang cukup ampuh dalam mengusir nyamuk sebab dalam tanaman ini mengandung evodiamine serta rutaecarpine yang beraroma tajam dan sangat tidak disukai oleh nyamuk.

Pada kondisi normal, mungkin orang kurang menyukai cara alami di atas. Namun cara ini bisa menjadi sangat berguna ketika dalam kondisi darurat.
Dalam touring, atau berkemah misalnya.
Lihat juga :

Anda mungkin menyukai postingan ini