-->

Ramuan Brotowali Untuk Mengobati Penyakit Kulit

Meski terkenal sangat pahit, Brotowali juga terkenal sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Bahkan penyakit yang berkategori “berat” seperti diabetes, ternyata dapat juga diobati dengan tanaman Brotowali ini. Dan juga beberapa penyakit yang cukup berat lainnya.
Selain bermanfaat untuk mengobati berbagai penyakit yang tergolong “berat” Brotowali juga dapat digunakan untuk mengobati “penyakit ringan”, misalnya untuk obat penyakit kulit alami.

Beberapa penyakit kulit yang dapat diobati dengan ramuan tanaman Brotowali antara lain :

● Kudis atau scabies :

3 jari batang brotowali, belerang sebesar kemiri, dicuci dan ditumbuk halus, diremas dengan minyak kelapa seperlunya. Oleskan pada kulit yang terkena kudis sebanyak 2 kali sehari.

Cara lainnya adalah dengan mandi menggunakan air rebusan brotowali, terutama jika penyakit kudisnya sudah cukup banyak dan menyebar ke berbagai bagian kulit.
Untuk membuat ramuannya dilakukan sebagai berikut : Batang brotowali sekitar 1 meter, dirajang lalu rebus dengan 4 liter air hingga mendidih.
Air rebusan brotowali ini digunakan untuk mandi berendam, bisa ditambahkan air dingin agar tidak terlalu panas.

● Luka luka dan koreng, bisa digunakan 3 cara :

- 30 cm batang brotowali berikut daunnya dicuci, dipotong sepanjang 5 cm, direbus dengan 6 gelas air selama 1/2 jam. Setelah dingin, digunakan untuk membersihkan bagian yang luka.

- 7 helai daun brotowali ditumbuk halus, tempelkan pada luka, lalu dibalut dengan perban. Ganti setiap 2 hari sekali.

- batang brotowali panjang 30 cm), 20-30 lembar daun brotowali dicuci, dirajang kasar, direbus dengan air sampai masak. Dinginkan, di gunakan untuk membersihkan luka ( sebagai cairan antiseptic ).

- Untuk luka baru, tumbuk 10 lembar daun brotowali segar sampai halus , tempelkan pada luka baru untuk mencegah terjadinya infeksi.

● Gatal-gatal.

- Daun Brotowali Direbus,dicampur dengan belerang, dan disaring. Campur dengan air dingin hingga suam-suam kuku, Gunakan untuk berendam selama ± 20 menit.

- 20 gram batang brotowali direbus dengan 2 gelas air sampai tertinggal setengahnya. Dinginkan, gunakan untuk merendam bagian kulit yang gatal. Sebaiknya dilakukan 2 kali sehari.

Lihat juga :

Anda mungkin menyukai postingan ini