-->

Beberapa Ramuan Tradisional Temu Kunci Untuk Mengobati Aneka Penyakit

Selain untuk digunakan sebagai bumbu dapur, temu kunci sebenarnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Lengkapnya dapat dilihat di bawah ini :

Secara tradisional nenek moyang bangsa Indonesia sudah begitu “mahir” dalam meracik temu kunci untuk ramuan obat. Beberapa ramuan tradisional temu kunci yang dapat digunakan untuk mengobati aneka penyakit antara lain :

Ramuan temu kunci untuk menambah stamina

4 rimpang temu kunci sebesar jari, 500 gr temu lawak dikupas, dicuci lalu ditumbuk halus. Dicampur dengan air, lalu diperas. Tambah sedikit madu supaya tidak hambar, lalu diminum satu gelas sehari.

Ramuan temu kunci untuk obat masuk angin

15 gram temu kunci, 1 sendok teh adas, dan 2 jari pulasari, dihaluskan dan digunakan untuk menggosok bagian perut, lakukan 1- 2 kali sehari.

Ramuan temu kunci untuk perut kembung

5 gram temu kunci dan daun temu kunci secukupnya, ditumbuk halus lalu ditempelkan pada perut sebagai tapal.

Ramuan temu kunci untuk obat panas dalam

10 gram temu kunci, 25 gram daun kumis kucing, dan 20 gram daun sosor bebek, direbus dengan 800 ml air hingga tersisa 400 cc. Disaring dan diminum 200 ml 2 kali sehari.

Ramuan temu kunci untuk obat susah buang air kecil

Temu kunci, adas, dan pulasari dihaluskan. Gunakan sebagai tapal pada perut.

Ramuan temu kunci untuk obat gatal-gatal

10 gram temu kunci, 5 gram temu lawak, 15 gram kunyit, dan 15 gram daun ketepeng cina kering dihaluskan lalu dibalurkan pada bagian yang gatal.

Ramuan temu kunci untuk obat TBC

15 gram temu kunci dan 4 gram biji pinang dihaluskan, tambahkan 200 ml air masak, saring untuk diminum airnya

Ramuan temu kunci untuk merangsang ASI

20 gram temu kunci, dipotong, direbus dengan 1 gelas air selama 15 menit. Tambah garam secukupnya. Setelah dingin disaring dan diminum sekaligus.

Ramuan temu kunci untuk bersih diri setelah bersalin

4 rimpang temu kunci sebesar jari, 50 gram temu lawak ditumbuk halus. Tambahkan air dan ambil sarinya. Tambahkan madu secukupnya. Diminum 1 gelas sehari.

Ramuan temu kunci untuk obat keputihan

10 gram temu kunci, 5 gram kunyit, 5 gram temulawak, dan 15 gram sambiloto kering, direbus dengan 1 liter air hingga tersisa 400 ml. Saring dan minum airnya sebanyak 200 ml, 2 kali sehari.

Satu hal perlu diperhatikan ketika menggunakan ramuan temu kunci adalah, tidak mengkonsumsinya lebih dari 30 gram perhari. Jangan berlebih.
Ketika berlebih - di atas 50 gram perhari seminggu berturut-turut justru bisa memicu kemandulan pada wanita

Anda mungkin menyukai postingan ini