-->

Mengobati Asam Urat Secara Alami Dengan Sidaguri

Nama Sidaguri mungkin masih agak terasa asing bagi telinga beberapa masyarakat Indonesia. Sidaguri sendiri merupakan family Malvaceae.
Tanaman yang sering digunakan sebagai obat alami ini merupakan tanaman semak, yang biasanya tumbuh secara liar. Karena itu tanaman obat ini bisa ditemukan di pinggir selokan, sungai ataupun di bawah pohon besar.
Sidaguri merupakan tanaman tropis, tumbuh di dataran rendah sampai ketingian 1450 m di atas permukaan laut. Sidaguri memiliki batang yang agak berkayu, bentuknya bulat dan bewarna coklat.
Berdaun tunggal dengan letak daun berseling berbentuk jantung. Sedangkan buahnya terdiri dari 8 – 10 kendaga, berwarna hijau saat masih muda dan berwarna hitam ketika sudah tua.

● Bahan yang terkandung dalam Sidaguri

- Pada daun mengandung alkaloid, kalsium oksalat, tanin, saponin, fenol, asam amino, dan minyak asiri.
- Batangnya mengandung kalsium oksalat dan tanin.
- Sedangkan pada bagian akar mengandung alkaloid, steroid, dan efedrine. Dengan adanya kandungan Alkaloid dan efedrine dalam Sidaguri, maka sebaiknya berhati-hati dalam mengkonsumsinya.
Orang yang sensitif terhadap alkaloid efedrine tidak disarankan untuk menggunakan Sidaguri.
Begitu pula pada anak-anak, wanita hamil dan menyusui.

● Efek Farmakologis Sidaguri

Sidaguri merupakan tanaman manis, pedas dan sejuk. Masuk meridien jantung, hati, paru, usus besar dan kecil. Anti radang (anti inflamasi), peluruh kencing (diuretik) dan menghilangkan sakit (analgetik). Akar, manis, tawar, dan sejuk (Prakoso, Budi. 2007).

● Kegunaan Sidaguri

- Kandungan polifenol dan flavonoid pada akar memiliki sifat diuretic. Sehingga asam urat akan luruh dan terbuang bersama urin.
Sidaguri juga mampu menghambat laju produksi enzim xantin oksidase (XO). Enzim XO merupakan sebuah enzim yang memiliki peranan penting dan ikut berperan dalam sintesa asam urat. Sehingga gamblangnya, tanpa enzim XO, maka asam urat tidak akan terbentuk.
Berdasar penelitian, kemampuan ekstrak kasar flavonoid yang terkandung dalam sidaguri sebagai penghambat aktivitas XO bisa mencapai 55.29% melalui mekanisme inhibisi kompetitif.
- Sidaguri juga berguna untuk pengobatan rematik, flu, demam, malaria, radang amandel, radang usus, disentri, sakit perut, sakit kuning, kencing batu, bisul, radang kulit bernanah, dan eksim.
- Sedangkan khusus pada bagian akar Sidaguri berguna untuk mengobati influenza, asma, sakit gigi, sariawan, disentri dan susah buang air besar atau sembelit.

● Membuat Ramuan Sidaguri Untuk Mengobati Asam Urat

- Ambil 5 batang Sidaguri
- Potong bagian atas sehingga tersisa hanya akarnya, lalu cuci bersih
- Rebus hingga air tersisa setengahnya.
- Biarkan selama 1 malam dalam tertutup
- Keesokan harinya, saring, minum air rebusan ini secara teratur 1 -2 kali sehari.
- Jika tidak habis minum rebusan harus dibuang

Lihat juga :

Anda mungkin menyukai postingan ini