-->

Resep Ramuan Herbal Untuk Mengobati Penyakit Liver : KOMPLIT

Pada posting sebelumnya sebenarnya telah dibagi tentang cara mengobati penyakit liver dengan ramuan alami, baik yang terbuat dari bahan-bahan yang telah umum dan populer, sampai yang terbuat dari bumbu dapur.
Lihat disini :

Namun sebagaimana kata banyak orang bahwa antara obat dan orang sakit terkadang ada istilah “cocok-cocokan”. Sebuah obat bisa cocok untuk seorang pasien, tetapi belum tentu cocok terhadap pasien liver lainnya.

Karena itulah pada posting ini akan dibagi tentang Resep Ramuan Herbal Untuk Mengobati Penyakit Liver lebih banyak lagi, komplit.

Sebelumnya mungkin ada yang bertanya, mengapa menggunakan ramuan herbal ?
Sebagaimana diketahui bahwa ada banyak penyebab yang bisa mengakibatkan seseorang terkena serangan penyakit liver. Salah satunya adalah karena terlalu banyak mengkonsumsi obat-obatan.
Karena itulah memilih obat liver yang alami tentu merupakan langkah yang bijaksana.

Pada dasarnya tanaman obat yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit liver atau sering juga disebut dengan penyakit kuning atau hepatitis ini merupakan tanaman yang mengandung bahan-bahan alami yang mampu membantu proses perbaikan fungsi hati.
Dalam hal ini adalah kandungan bahan yang bersifat hepatoprotektif , yaitu melindungi sel hati terhadap pengaruh zat beracun yang dapat merusak dengan memperbaiki dan meningkatkan regenerasi.

Kandungan bahan alami yang bisa didapat dari tanaman obat untuk mengobati penyakit liver tersebut antara lain :

- Kurkumin yang bisa diperoleh dari temulawak dan kunyit
- Filantin dari meniran
- Silimarin dari widuran
- Aukubin dari daun sendok
- Glycyrrhisic acid dari saga
- Minyak asiri dari bawang putih
- Krisofanol dari kelembak
- Gingerol dari jahe
- Wedelolakton dari urang-aring
- Andrografolid dari sambiloto
- Sianidol dari zat samak.

Dengan kekayaan hayati Indonesia, tanaman obat yang mengandung bahan-bahan di atas cukup mudah ditemukan di sekeliling lingkungan kita.

Dan di bawah ini daftar ramuan herbal yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit liver / hepatitis / sakit kuning / sakit hati secara alami :

● Ramuan 1
Rebus buah sukun dengan air secukupnya hingga matang. Dinginkan.
Makan buah sukunnya dan minum air rebusannya. Lakukan secara berulang dan rutin.
● Ramuan 2
20 lembar daun sukun yang sudah tua dan berwarna kuning direbus dengan air hingga air rebusan berwarna coklat seperti teh. Dinginkan.
Minum air rebusan secara rutin dan teratur.

● Ramuan 3
Cuci dan potong 2 buah tomat masak. Blender, jadikan jus. Tambahkan gula pasir secukupnya.
Minum jus tomat masak ini 2 kali sehari secara teratur.

● Ramuan 4
Siapkan sekitar 9-15 gram batang bunga Bougenfil. Keringkan lalu potong tips-tipis. Rebus bersama 3 gelas air, dan 1 sendok makan madu hingga airnya tersisa setengahnya. Dinginkan dan saring.
Minum 2 kali sehari setengah gelas.

● Ramuan 5
Siapkan 2 jari rimpang segar temulawak. Kupas, cuci bersih lalu parut. Tambah dengan 1/2 cangkir air hangat dan 1 sendok makan madu. Aduk rata, lalu peras dan saring.
Minum air saringan ini 2 kali sehari.

● Ramuan 6
Siapkan 1 jari rimpang kunyit, cuci bersih lalu parut. Tambahkan sedikit air hangat pada parutan lalu saring. Kemudian tambahkan 1 sendok makan madu.
Minum ramuan ini 3 kali sehari

● Ramuan 7
Siapkan 1 jari batang brotowali, cuci bersih lalu potong kecil-kecil. Rebus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas air. Dinginkan lalu saring dan tambahkan 1 sendok makan madu.
Minum ramuan ini 2 kali sehari, sebanyak 1/2 gelas.

● Ramuan 8
Siapkan 3 buah Mengkudu masak. Cuci bersih, parut dan peras dengan menggunakan kain bersih.
Minum air perasan mengkudu ini secara teratur.

● Ramuan 9
Siapkan 1 genggam kulit mengkudu. Cuci bersih lalu tumbuk halus, kemudian tambahkan sedikit cuka. Bungkus ramuan ini dengan daun pisang. Kemudian dikukus atau dipanaskan di atas api sampai hangat. Dalam kondisi hangat, tempelkan bungkusan ramuan tersebut pada perut bagian kanan atas, tempat hati yang sedang membengkak dan sakit.

Perhatian :
Untuk ramuan nomor 9 ini hanya untuk obat luar, bukannya diminum.

● Ramuan 10
Siapkan 2 ruas kunyit, 1 ruas kencur, 2 siung Bawang, 3 sendok teh Brotowali dan 1 genggam Daun kintutan. Cuci bersih semua bahan di atas lalu tumbuk hingga halus. Seduh dengan 1 cangkir air hangat. Minum ramuan ini 3 kali sehari.

Lihat juga :

Anda mungkin menyukai postingan ini