-->

Mengenal Abiu, Sawo Australia Yang Istimewa Buahnya Dan Banyak Khasiatnya

● Apa itu Abiu ?

Mungkin, nama Abiu masih terasa asing bagi telinga kebanyakan orang Indonesia.
Selain asing, Abiu juga agak aneh.
Nama Abiu sendiri tidak mencerminkan Australia, malah seperti kosa kata dalam bahasa Mandarin ( Cina ).
Tetapi tanaman buah ini disebut juga dengan Sawo Australia.
Padahal bentuknya sangat beda, tidak mirip sama sekali dengan buah sawo yang kita kenal saat ini.

Daging buahnya juga.
Jika sawo yang kita kenal buah dagingnya berwarna coklat tua, daging buah Sawo Australia ini justru berwarna putih bening.
Yang lebih aneh lagi, meski namanya Sawo Australia, Abiu ini aslinya tidak berasal dari Australia, melainkan merupakan tanaman asli dari Negara Brasil dan Peru, tepatnya di sekitar kawasan Amazon.
Karena itulah nama latin dari Abiu ini sangat bagus, “berbau” negeri Samba, Pouteria caimito.
Karena itu, pohon Abiu yang masih satu keluarga Sapotaceae ini bisa tumbuh dengan adaftif di iklim tropis dan sub tropis, tumbuh subur mulai dari dataran rendah sampai dataran tinggi.
Dan konon buah ini disebut Sawo Australia, sebab Abiu memang banyak dibudidayakan di Quensland, Austarlia.
Sebagai pohon keluarga sawo-sawoan, Abiu juga memiliki sifat dan karakter seperti kerabat pohon sawo lainnya. Batang pohon Abiu berkayu, dengan ketinggian bisa mencapai 15 meter.

● Buah Abiu

Yang lebih menarik adalah buahnya.
Pohon Abiu termasuk tanaman yang cepat berbuah. “Hanya” pada umur 2 tahun, tanaman asal biji mulai berbunga. Kemudian dalam 2 bulan bunga tersebut lantas menjadi buah berwarna hijau. Kemudian berangsur menjadi kuning cerah ketika telah matang.

Buah Abiu sendiri berbentuk lonjong sampai membulat, ukuran panjangnya 6-12 cm dengan berat sekitar 150-500 gram / buah. Daging buah Abiu inilah yang sangat istimewa. Warnanya putih bening.
Rasanya…?
Sangat khas. Manis. Legit. Serta sangat segar.

Karena begitu istimewanya daging buah Abiu yang bertekstur lembek dan sedikit berair ini hingga ada yang melukiskannya bagaikan cita rasa kelapa muda, namun sekaligus tergabungkan dengan rasa susu dan karamel. Daging buah Abiu berasa sangat manis.
Saking manisnya rasa daging buah, jika diukur tingkat kemanisan buah Abiu ini bisa mencapai hingga 17-24 derajat Brix.

Buah Abiu bisa dimakan dengan dibelah melintang atau membujur atau juga dengan disedok. Saat dibelah pada masing-masing buah biasanya terdapat 1 hingga 5 biji Abiu.
Karena cita rasanya, buah Abiu ini sering diolah untuk berbagai jenis makanan yang istimewa pula, yang dalam bahasa sana disebut dengan Abiu Carambola Chiken Breasts ( dada ayam goreng dimasak dengan jus Abiu serta belimbing ), Abiu Trat, Sweet dan Sour Abiu, dan sebagainya.

● Khasiat dan manfaat buah Abiu

Tidak hanya enak dikonsumsi, karena banyak mengandung vitamin A, vitamin B3, vitamin C, serta kaya kalori dan serat, buah Abiu memiliki banyak khasiat untuk kesehatan.
Mengkonsumsi daging buah Abiu dipercaya dapat berkhasiat untuk meringankan penyakit batuk, penyakit Bronkitis serta gangguan dan keluhan pernapasan.
Sedangkan getah buah Abiu ini dapat dimanfaatkan sebagai Obat cacing, Obat Pencahar serta untuk menyembuhkan luka bengkak.

Lihat juga :

Anda mungkin menyukai postingan ini