-->

Ramuan Herbal Pegagan Untuk Obati Penyakit Flek Anak

● Apa penyebab flek pada anak ?

Banyak orang yang beranggapan bahwa penyakit flek ( paru-paru ) pada anak hanya akan terjadi karena adanya penularan. Ketika terdapat orang dewasa yang telah mengidap penyakit ini, maka anak biasanya akan tertular.
Namun fakta terkadang berbicara lain.
Cukup banyak anak kecil yang terkena flek. Padahal tidak ada satu orang dalam rumah pun yang mengidap penyakit ini. Bahkan tetangga sekitar, kanan kiri-pun tidak ada yang menderita flek.

Yang menjadikan bingung, tanda dan gejala flek yang ditunjukkan oleh anak kecil terkadang berbeda-beda. Ada anak yang flek menderita namun secara fisik tubuhnya terlihat sangat sehat, tubuhnya bahkan gemuk menggemaskan.
Sebaliknya ada juga yang berat tubuhnya terus berkurang meskipun telah mengkonsumsi makanan yang bergizi.

● Gejala flek pada anak

Untuk memastikan positif dan tidaknya menderita flek, memang harus dilakukan berdasar hasil pemeriksaan dan diagnosis dari dokter.
Namun dari pengalaman, tanda dan gejala yang umum pada anak yang menderita flek antara lain sering atau sangat mudah berkeringat, terutama pada bagian telapak tangan, dan yang sangat kentara, ketika mereka menderita serangan flu akan sangat sulit sembuhnya. Sembuh sebentar kumat lagi, sembuh sebentar kumat lagi dan seterusnya.

Menurut informasi dari dokter, meski tidak terjadi penularan secara langsung, penyakit flek dapat saja terjadi pada anak karena kebiasaan dan pola hidup yang tidak baik.
Misalnya, penggunaan kipas angin yang langsung dan terus menerus sering dituding menjadi biang keladi timbulnya flek pada paru-paru.
Terutama pada kipas angin yang berdebu yang tidak dibersihkan. Sehingga debu yang menempel pada kipas angin – yang mungkin saja mengandung kuman flek – akan masuk ke saluran pernafasan anak, ketika kipas angin dihidupkan.
Ditambah lagi dengan kebiasaan menidurkan anak di lantai hampir di setiap hari dan malamnya.

Penggunaan kipas angin untuk anak sebenarnya tidak dilarang, terlebih ketika cuaca sedang panas-panasnya. Hanya saja sangat dianjurkan untuk tidak digunakan secara terus menerus sepanjang hari.
Selain itu ketika dihidupkan, kipas angin hendaknya tidak diarahkan langsung ke arah muka atau badan anak. Melainkan dipantulkan dulu ke dinding.
Tujuannya adalah ketika pada kipas angin tersebut kebetulan terdapat kuman tidak langsung terhirup dan masuk ke dalam sistem pernafasan anak.
Selain itu, secara berkala kipas angin harus dibersihkan dari kotoran dan debu.
Menidurkan anak dilantai juga sangat tidak disarankan.

● Pengobatan flek pada anak

Untuk mengobati flek pada anak hingga benar-benar tuntas sebenarnya boleh dibilang tidak berat dan susah-susah amat. Biayanya juga relatif tidak mahal. Sebab harga obat flek bisa dibeli dengan harga yang cukup murah atau sekurangnya terjangkau.

Yang menjadi masalah adalah, agar penyakit flek pada anak bisa terobati secara tuntas, maka pengobatan yang dilakukan harus secara rutin dan berkesinambungan.
Inilah yang sering kali menjadikan para orang tua repot dan “tidak tega”, terutama sekali jika anaknya masih sangat kecil, berumur batita misalnya.
Sebab yang dinamakan rutin dan berkesinambungan pada pengobatan flek biasanya harus dilakukan secara intensif selama 6 bulan terus menerus setiap hari. Atau bahkan bisa diperpanjang.
Atau sekurangnya selama 3 bulan jika flek yang diderita masih dalam tahapan sangat awal.
Dan pengobatan atau obat yang diminum tidak boleh putus sekalipun. Sebab sekali putus harus mengulang lagi dari awal. Itupun harus disertai dengan kontrol rutin.
Istilahnya, anak sampai “mblenger” obat

Apabila bisa melakukan pengobatan seperti secara teratur dan disiplin, flek yang diderita anak biasanya akan hilang secara tuntas ( tentu saja harus disertai dengan upaya-upaya menghentikan penyebabnya, tidak boleh menggunakan kipas angin misalnya ).
Meski pengobatan flek dengan obat-obatan medis mayoritas berhasil menghilangkan penyakit secara tuntas, namun karena merasa kasihan dan ketidak-tegaannya, banyak orang tua yang kemudian mencari alternatif lainnya. Yaitu dengan pengobatan herbal.
Dari beberapa pengalaman, salah satu ramuan herbal yang cukup ampuh untuk mengobati flek pada anak adalah dengan menggunakan Pegagan.
Pegagan atau sering disebut dengan tapak kuda merupakan tanaman yang mudah ditemukan. Tanaman ini sering tumbuh di tanah-tanah yang kosong, kebun atau persawahan.
Di daerah Sunda, tanaman Pegagan bahkan sering dimanfaatkan sebagai lalapan.

● Cara membuat ramuan herbal pegagan untuk mengobati flek pada anak secara alami

Pada pemanfaatan Pegagan sebagai obat flek alami pada anak yang digunakan adalah ekstraknya. Hal ini juga menjadi salah satu kelebihannya. Sebab ekstrak pegagan boleh dikata hampir tidak ada rasanya atau sangat mirip dengan air putih biasa.
Sehingga ketika diberikan kepada anak, tidak akan terasa sebagai obat. Sebab karena biasanya obat terasa pahit, maka anak menjadi ogah atau malah takut ketika diminumi obat.

Untuk membuat ramuan herbal pegagan guna mengobati penyakit flek pada anak, caranya juga sangat mudah.

Langkah yang harus anda lakukan adalah :

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk ramuan :
- Pegagan = 200 gram
- Air matang hangat = 1 gelas

Cara membuat ramuan Pegagan :

- Ambil tanaman pegagan segar, termasuk akarnya lalu cuci bersih
- Haluskan, bisa ditumbuk atau diblender
- Setelah benar-benar halus, tambahkan dengan 1 gelas air matang hangat
- Campur atau aduk hingga rata
- Peras dan saring campuran Pegagan ini
- Tampung air perasan dan diamkan kurang lebih selama 5 menit, sampai ampasnya mengendap.
- Minum air perasan tanpa ampas.

Cara penggunaan ramuan pegagan :

Minum air perasan pegagan sebanyak 1 gelas, 3 kali sehari. Diminum pada pagi hari sebelum sarapan, siang hari setelah makan dan malam hari sebelum tidur.

Dengan menkonsumsi ramuan pegagan ini selama 3 bulan secara terus menerus insya Allah penyakit flek paru-paru yang diderita anak akan hilang.

( Lumayan kan, daripada melakukan pengobatan selama 6 bulan )

Sebagai catatan :
Ramuan herbal ini bisa langsung dibuat dalam jumlah banyak.
Hanya saja masa simpan dan masa pakainya hanya dibatasi selama 2-3 hari konsumsi. Itupun harus disimpan di dalam kulkas.
Dan mungkin anda suka menyimak yang dibawah ini :

Anda mungkin menyukai postingan ini