-->

Manfaat Alami Tebu Untuk Mengobati 9 Jenis Penyakit

Semisal dilakukan sebuah survey kecil-kecilan dan kemudian dilakukan perhitungan tentang berapa banyak masyarakat modern yang masih mengkonsumsi tebu secara langsung dan alami, bisa jadi prosentase orang yang menyatakan masih mengkonsumsi tebu yang masih fresh dari kebun, jumlah akan sangat sedikit.
Pasti banyak yang berfikir, “ngapain harus repot-repot makan tebu secara langsung, toh sudah ada gula pasir atau gula merah”.

Jika yang dituju hanyalah untuk mendapatkan rasa manis, anggapan ini memang benar. Namun yang sebaiknya diketahui adalah mengkonsumsi tebu secara alami, langsung dari kebun dan masih fresh ternyata memiliki banyak manfaat untuk menyembuhkan beberapa penyakit.
Sebab secara alami dalam tebu ternyata terdapat kandungan beberapa bahan yang sangat berkhasiat.
Dan ternyata pula, jenis dan struktur gula yang terkandung dalam batang tebu yang masih fresh berbeda dengan jenis dan struktur gula yang terdapat dalam gula pasir dan gula merah.

Apa saja manfaat dari tebu ?

Dari beberapa sumber yang berhasil dikumpulkan ternyata ada Manfaat Alami dari Tebu Untuk Mengobati 9 Jenis Penyakit yang di bawah ini :

1. Tebu untuk Mengobati Batuk

Yang paling sederhana, kandungan alami dalam tebu ternyata bermanfaat untuk mengobati penyakit batuk. Caranya : Ambil dan Peras 5 ruas tebu hitam dan minum airnya.

2. Tebu untuk Meredakan Panas Tubuh

Mengkonsumsi tebu jensi tertentu juga bisa bermanfaat untuk meredakan panas tubuh.
Caranya : Ambil tebu hitam. Minum air perasan tebu hitam seperlunya, air perasan tebu hitam dapat membantu menurunkan panasa tubuh.

3. Tebu untuk Mengobati Masuk Angin

Jangan salah, pohon tebu ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati masalah masuk angin.
Caranya : Ambil 3 helai daun tebu dan rebus dengan air secukupnya sampai mendidih, dinginkan dan saring. Minum air rebusan daun tebu ini sebanyak 3 kali sehari.

4. Tebu untuk Menguatkan Gigi dan gusi

Ketika makan tebu secara langsung, ibaratnya bagaikan menyikat gigi secara alami.
Tidak percaya, coba saja lihat gigi setelah mengunyah batang tebu. Bagian gigi pasti akan terlihat lebih bersih. Selain itu, tebu juga dapat untuk Menguatkan Gigi dan gusi
Caranya sangat mudah : Peras beberapa ruas tebu, kemudian tambahkan jeruk nipis dan garam secukupnya. Minum campuran air tebu murni ini secara teratur. Hal ini dapat membantu menguatkan gigi dan gusi.

5. Tebu untuk Mengobati Mimisan

Bagi yang sering mengalami mimisan, cobalah gunakan tebu untuk mengatasinya.
Caranya : Ambil bagian pucuk tebu secukupnya, lalu potong - potong menjadi bagian-bagian kecil. Rebus dengan air secukupnya hingga mendidih. Tambahkan sedikit garam dan gula jawa. Setelah dingin, disaring dan minum airnya.

6. Tebu untuk Meredakan jantung Berdebar

Bagi yang memiliki masalah jantungberdebar, tidak ada salahnya jika mencoba mengkonsumsi akar tebu. Caranya : Rebus 3 genggam akar tebu hitam dengan 2 gelas air sampai tersisa setengahnya. Setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari.
Mengkonsumsi air rebusan akar tebu sangat dipercaya dapat mengatasi masalah jantung berdebar.

7. Tebu untuk Mencegah Stroke

Mengkonsumsi air tebu secara teratur tenyata dapat membantu menjaga metabolisme tubuh karena kekurangan cairan. Pada gilirannya hal ini akan membantu untuk mencegah terjadinya stroke.

8. Tebu untuk Melawan Kanker Payudara

Dalam Tebu terkandung zat yang bersifat alkali. Karena kandungan ini pula air tebu dapat membantu melawan kanker payudara, dan juga kanker prostat.

9. Tebu ternyata sangat bagus bagi penderita Diabetes

Dalam tebu terkandung senyawa octacosanol sejenis alcohol rantai panjang yang mampu menurunkan kadar kolesterol dalm darah. Octacosanol juga dapat menghambat terjadinya penumpukan plak pada dinding pembuluh, bahkan ia perlindungan terhadap oksidasi protein darah.

Menurut hasil riset National center for scientific Research Havana Kuba, keberadaan Octacosanol akan mampu menekan sintesa kolesterol yang diproduksi di dalam hati. Hal ini terlihat dari adanya pengaturan enzim reductase HMG-CoA--Enzim yang membatasi laju sintesa kolesterol.
Pengamatan jangka panjang terhadap konsumsi octacosanol membuktikan senyawa itu dapat menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol darah tanpa efek samping.

Para penderita diabetes juga bagus mengkonsumsi tebu. Sebab, pemberian policasanol 10 mg per hari menunjukkan penurunan total kolesterol 17,5% dan DDL-kolesterol 21,8% namun tidak terjadi peningkatan pada kadar glukosa atau glikemik darah. Malah kadar HDL –Kolesterol meningkat 11,3%.


Menurut dr. C.J. Soegiharjo Apt. dari fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada Yogyakarta, air perasan tebu memiliki efek anti diabetic. “Bila diminum Ia mampu mengatasi diabetes” sebagaimana dikutip dari majalah TRUBUS. Sebab Air tebu mengandung sakaran, sebuah senyawa anti diabetik.
Dan senyawa yang bermanfaat ini jutru tidak terdapat dalam gula pasir.
Sebab senyawa ini akan hilang ketika proses pemanasan pada pembuatan gula pasir. Yang bertahan justru sakarosa, senyawa yang menyebabkan diabetes.
Inilah yang membedakan antara air tebu dengan gula pasir.

Lihat juga :

Anda mungkin menyukai postingan ini