-->

Mengobati Anemia Dengan 5 Bahan Alami

Salah satu penyakit yang paling sering diidap oleh kaum wanita adalah anemia atau lebih dikenal sebagai kurang darah. Meski anemia bisa dikarenakan oleh beberapa sebab, namun kaum wanita lebih beresiko mengidap penyakit ini salah satunya karena kaum wanita mengalami siklus bulanan atau haid, terutama ketika siklus yang terjadi dalam keadaan yang tidak normal.

Anemia terjadi ketika sel darah merah atau kandungan hemoglobin dalam darah jumlahnya terlalu rendah. Akibat yang umum dirasakan adalah badan lemah, lesu, kurang tenaga dan cepat merasa lelah. Dan hal ini bisa terjadi karena tubuh kekurangan zat besi.
Karena itulah untuk mengobati masalah kurang darah atau anemia ini solusinya tentu saja harus meningkatkan asupan zat besi ke dalam tubuh.

Di pasaran sebenarnya banyak sekali obat-obatan yang bisa digunakan untuk mengatasi anemia.
Namun karena merupakan obat sintetis ( terbuat dari sintesa beberapa bahan kimia ), obat anemia jenis ini umumnya membawa efek samping.
Beberapa dokter bahkan menyarankan utntuk tidak terlalu sering mengkonsumsi obat ini.

Karena itu, yang relatif lebih aman adalah dengan pengobatan secara alami. Untuk mengobati anemia secara alami dapat digunakan 5 macam bahan berikut, yang pada intinya kaya akan kandungan zat besi :

1. Daging
Daging merah memiliki kandungan zat bessi yang tinggi. Karena itu bisa menjadi pilihan pertama untuk mengatasi masalah kurang darah.

2. Sayuran yang berwarna hijau
Beberapa sayuran berwarna hijau seperti bayam, brokoli, atau juga kubis memiliki kandungan zat besi yang tinggi sehingga bagus digunakan untuk mengobati anemia.

3. Wijen
Dalam wijen terkandung zat yang bisa meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Karena itu sangat disarankan untuk mengkunsumsi bahan makanan ini.
Caranya mudah.
Siapkan wijen secukupnya, rebus dengan memakai 2 gelas air.
Setelah mendidih, matikan dan dinginkan. Saring, masukkan madu secukupnya, dan komsumsilah secara teratur.

4. Cuka Apel
Untuk mengobati anemia anda dapat gunakan cuka apel.
Siapkan 2 sendok cuka apel, campurkan dalam segelas jus lemon dan konsumsi setiap pagi hari.
Dalam cuka apel juga terkandung zat yang dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah secara cepat.

5. Buah Bit
Dalam buah bit juga terkandung banyak zat besi. Anda dapat mengkonsumsinya dalam bentuk jus yang dicampur dengan madu.

6. Bahan Makanan yang kaya vitamin C
Bahan makanan yang kaya akan vitamin C juga sangat diajurkan dikonsumsi untuk mengatasi masalah anemia.
Bahan makanan yang kaya vitamin C memang tidak secara langsung dapat meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah, namun bahan makanan ini dapat membantu penyerapan zat besi oleh tubuh secara lebih baik.

Sebaiknya lihat juga :

Anda mungkin menyukai postingan ini