-->

Obat Diabetes Yang Ampuh Dengan Pohon Yakon

Dari sekian banyak herbal atau tanaman obat yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit diabetes, salah satu tanaman yang dipercaya sangat ampuh untuk mengobati diabetes adalah pohon yakon. Mengapa dan bagaimana pohon Yakon dianggap sebagai obat yang ampuh untuk penderita diabetes, kami kutipkan saja pernyatan dari para peneliti ahli seperti di bawah ini :

-----
“Menurut Dr. Sri Widowati (peneliti Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian Bogor), Yakon kaya dengan insulin dimana unit-unitnya mengandung gula-gula fruktosa yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan tetapi dapat difermentasi oleh usus besar.
Pakar penelitian Yakon, Michael Hermann dari Research Project leader of the Andean roots and tubers, mengungkapkan Yakon sendiri kandungan fruktosanya 35% free dan 25% terikat. Sehingga karbohidrat tetap didapat meskipun konsentrasi gula darah rendah.

Keadaan inilah yang mencegah penderita diabetes dari hiperglikemia (over-aktivitas) dan karenanya dengan konsumsi Yakon tak mungkin meningkatkan kadar gula dalam darah. Itu berarti yacon secara alami terbukti rendah kalori.

Diungkapkan pula apabila sebuah stoples sirup Yakon dibandingkan dengan stoples madu berukuran sama, Yakon mengandung setengah kalori lebih rendah yang mana tidak akan menaikkan level glukosa darah. Selain itu, oligofructose menghasilkan bakteri menguntungkan dalam usus besar (prebiotik). Sebagaimana kita ketahui, minuman prebiotik modern seperti yogurt harus sengaja ditambahkan kandungan oligofructose-nya untuk mencapai manfaat yang sama, namun Yacon sudah memiliki kualitas sama secara alami. “Ini adalah makanan diet dan makanan diabetes,” kata Michael Hermann.

Efek hipoglikemik-penurun gula darah-Yakon juga pernah diuji oleh Manuel J Aybar dari Departamento de Biologia del Desarrollo, Universidad Nacional de Tucuma, Argentina. Sebanyak 20 gram daun Yakon kering dilarutkan pada 200 ml air yang dididihkan selama 20 menit. Setelah dingin, ramuan disaring. Peneliti Yakon itu juga menemukan jika daun Yakon digunakan sebagai teh, akan memiliki efek untuk mengurangi puncak kadar gula ketika kita menyantap makanan manis atau yang mengandung karbohidrat. Kadar gula yang tinggi merupakan masalah terbesar dari seorang penderita diabetes karena tubuh tidak bisa memproduksi atau menggunakan insulin, hormon yang biasanya digunakan untuk memproses makanan.”
-----
Pohon Yakon sendiri nama latinnya Smallanthus sonchifolia.
Habitat aslinya berasal dari Pegunungan Andes, Peru.
Namun saat ini sudah bisa dibudidayakan di banyak Negara, termasuk Indonesia. Pohon Yakon dibukukan pertama kali pada tahun 1615 oleh kolumnis Guaman Poma dari Ayala, saat ia mendaftarkan Yakon sebagai satu dari 55 tanaman asli dari Andes.
Pohon Yakon sebenarnya masih termasuk anggota dari keluarga bunga Matahari, dapat tumbuh hingga 3 meter tingginya. Daunnya mirip dengan daun seledri. Dengan kandungan gizi yang tinggi, termasuk bisa untuk obat, daun dan umbi pohon Yakon bisa dimanfaatkan untuk menjadi teh, sirup, pudding sampai selai.

Bagaimana cara memanfaatkan pohon Yakon sebagai obat Diabetes ?

Anda dapat melakukannya dengan membuat ramuan dari umbi atau dari daun pohon yakon.
1. Ramuan umbi pohon Yakon :
- Siapkan beberapa umbi yakon, kupas kulitnya, cuci sampai bersih
- Siapkan beberapa buah jeruk nipis atau jeruk lemon.
- Haluskan dengan Blender buah umbi yakon bersama dengan air perasan buah jeruk nipis atau jeruk lemon - Tambah dengan sedikit air, lalu blender hinga berbentuk jus.
- Minum jus yakon ini 2 kali sehari
- lakukan secara rutin dan teratur
- jangan lupa berdoa untuk kesembuhan

2. Ramuan daun pohon Yakon :
- Siapkan 5 daun Yakon lalu jemur dengan posisi terbalik.
- Setelah kering,gerus hingga menghasilkan 15 gram.
- Gerusan daun pohon yakon dalam 600 ml air mendidih
- Aduk terus hingga terbentuk larutan yang berwarna hijau pekat
- Minum ramuan ini 3 kali sehari : pagi, siang, dan malam

Lihat juga :

Anda mungkin menyukai postingan ini