-->

Mengobati Demam Tinggi Pada Bayi Secara Alami Dengan Daun Dadap Serep

Tentu akan sangat bermanfaat jika Bunda mengetahui bagaimana mengobati demam tinggi pada bayi secara alami, hanya dengan menggunakan Dadap Serep, tanaman yang ada di sekitar rumah kita.

Dengan kondisi tubuhnya yang memang masih dalam tahap perkembangan, bayi umumnya memiliki daya tahan tubuh yang lebih rendah bila dibandingkan dengan orang dewasa. Bayi rentan terserang oleh berbagai macam penyakit. Termasuk penyakit yang paling ringan sekalipun.

Terkadang, tanpa disangka, tanpa diduga, dan “tanpa ada hujan tanpa ada angin”, bayi tiba-tiba mengalami demam yang sangat tinggi.
Ketika hal seperti ini terjadi ibu – terutama ibu muda – terkadang menjadi panik.

Ibu-ibu jaman sekarang sebenarnya jauh lebih beruntung daripada ibu-ibu jaman dulu.
Saat ini ketika ada salah satu anggota keluarga yang mengalami gangguan kesehatan atau sakit, dapat dengan segera menemukan dokter dengan mudah dan cepat.
Pada jaman dulu, cukup susah untuk menemukan dokter yang praktek umum. Satu kecamatan mungkin hanya satu dua.

Saat ini ketika bayi tiba-tiba mengalami demam tinggi, tinggal membawa ke dokter untuk diperiksa dan diobati. Sedangkan ibu jaman dulu, biasanya harus menunggu sampai keesokan harinya jika ingin periksa ke dokter.
Dan juga obat-obatan penurun panas yang dijual bebas tidak sebanyak saat ini.

Karena itulah ibu-ibu jaman dulu biasanya membekali diri dengan pengetahuan tentang berbagai ramuan tradisional untuk menghadapi situasi darurat seperti ini.
Sehingga ketika bayi rewel dan mengalami sakit mendadak, ibu bisa mengambil langkah untuk memberikan pertolongan pertama sebelum di bawa ke dokter.
Namun, ibu modern saat ini suatu saat terkadang bisa menemui situasi semacam ini.
Misalnya ketika bayi tiba-tiba mengalami demam, padahal hari sudah cukup malam. Dimana dokter praktek sudah pada tutup. Apotik atau toko obat juga sudah tutup.
Atau juga ketika pas kebetulan hari libur atau tanggal merah misalnya. Dimana biasanya tidak ada dokter praktek umum yang buka, kecuali dokter jaga.

Lalu, bagaimana ibu harus menangani bayi yang tiba-tiba mengalami demam tinggi ?

Karena itu, alangkah baiknya jika ibu juga membekali diri dengan pengetahuan tentang obat tradisional untuk mengatasi demam tinggi pada bayi. Sebagaimana yang dilakukan oleh ibu-ibu jaman dulu.

Berdasarkan resep yang diajarkan dan diberikan secara turun temurun, ada banyak cara alami untuk mengatasi bayi yang mengalami demam tinggi. Salah satunya adalah dengan menggunakan daun pohon Dadap Serep

.
Bagi yang masih asing dengan pohon ini, dadap serep adalah pohon yang pada jaman dulu sering tumbuh liar meskipun terkadang dapat ditemukan di pekarangan.
Meski pohon Dadap serep ini biasanya mudah dan cepat tumbuh, namun umumnya berukuran sedang, meskipun pohon yang sudah tua bisa mencapai ketinggian hingga 22 meter .
Batang pohon dadap serep bertekstur licin dengan warna kelabu kehijau-hijauan terdapat garis-garis pucat yang membujur.
Daunnya berbentuk akan membesar semakin ke ujung. Kadang bisa bentuknya sampai bulat dengan ujung yang pendek dan tajam. Tiga helai daun bersatu dalam satu tangkai dan berbentuk belah ketupat.
Pohon dadap serep sendiri termasuk dalam dalam suku Papilionaceae.
Pohon dadap serep memiliki banyak khasiat bagi pengobatan. Bagian yang dapat dimanfaatkan adalah mulai dari daun, kulit batang sampai getahnya.

Untuk memanfaatkan pohon dadap serep guna mengobati demam tinggi pada bayi, caranya cukup mudah :

● Mengobati demam pada bayi dengan daun dadap serep

Caranya :
- Ambil beberapa lembar daun dadap serep
- Cuci bersih
- Lipat dan remas-remas daun dadap serep ini, namun jangan sampai hancur
- Lembarkan daun kembali
- Gunakan lembar daun dadap serep yang telah diremas ini untuk ditempelkan pada dahi atau kepala bayi yang mengalami demam tinggi

● Mengobati demam pada bayi dengan kulit batang atau cabang muda dadap serep

Caranya :
- Ambil kulit batang dadap serep ( bisa juga digunakan cabang yang masih muda )
- Tumbuk atau lembutkan kulit batang dadap serep ini hingga halus
- Setelah halus gunakan untuk ditempelkan ( ditapalkan ) pada dahi atau kepala bayi yang mengalami demam tinggi.
Silahkan dicoba.

Lihat juga :

Anda mungkin menyukai postingan ini