-->

Apa Dampaknya Jika Kencur Diberikan Pada Bayi dan Anak ? Ibu Wajib Tahu

Orang tua jaman dulu suka "nyekoki", memberikan ramuan kencur pada bayi dan anak secara "paksa". Apa pengaruh kencur pada bayi dan anak sebenarnya ?

Kencur selain dikenal sebagai salah satu tanaman rempah-rempah untuk bumbu dapur, juga dikenal sebagai salah satu tanaman obat yang sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit secara alami. Secara umum, kencur tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu dapur dan obat alami, juga untuk dimanfaatkan pada industri kosmetika, penyedap makanan dan minuman, dan rempah.

Kencur secara tradisional sering digunakan sebagai “beras kencur”, yaitu salah satu minuman “obat” tradisional yang sangat menyehatkan, dan biasa dikonsumsi oleh kebanyakan orang dewasa.
Tetapi bagaimana jadinya jika kencur ini diberikan pada bayi atau anak kecil, sebagaimana kebiasaan orang-orang tua jaman dulu yang “nyekokin” bayinya dengan kencur ?
Sehatkah ?
Atau malah berbahaya ?
Apa manfaat dari kencur jika diberikan pada bayi atau anak ?
Dalam tanaman kencur secara alami mengandung bahan berupa Ekstrak methanol.
Bahan alami dari kencur ini menurut penelitian mampu menghalangi pertumbuhan virus dan bakteri dalam tubuh.

Karena adanya ekstrak methanol dalam kencur inilah saat diberikan kepada bayi dapat menjadi bahan imunitas alami bagi bayi.

Memberikan perasan kencur secara rutin kepada bayi dan anak akan dapat meningkatkan daya tahan tubuh bayi.
Selain itu perasan kencur mampu mengobati berbagai penyakit yang umum menyerang pada bayi seperti : radang lambung, radang telinga, influenza, gangguan pernafasan, diare, muntah-muntah, keracunan akibat makanan dan batuk berdahak.
Perasan kencur juga dapat meningkatkan nafsu makan.

Hanya saja memberikan perasan kencur kepada bayi tentu merupakan hal yang cukup sulit untuk dilakukan, terlebih lagi karena aroma dan rasa kencur yang menyengat.
Karena itulah para orang tua jaman dulu melakukannya dengan cara “mencekoki” bayi dengan perasan kencur.
Dan untuk mengurangi aroma kencur yang menyengat ini sering dilakukan dengan mencampurkan perasan kencur dengan daun pandan atau vanili.
Sedangkan untuk mengurangi rasa, sering ditambahkan dengan gula atau madu.

Jadi memberikan perasan kencur atau bahkan mencekoki bayi dan anak dengan kencur tidak akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan.
Sebaliknya justru akan sangat bermanfaat dan menyehatkan, selama tidak dilakukan secara berlebihan.
Lihat juga :

Anda mungkin menyukai postingan ini