-->

Jarang Diketahui, Ramuan Buah Sawo Ternyata Baik Untuk Obat Diabetes Alami

Mungkin, karena tampilan fisiknya yang kurang begitu menarik, makin hari buah sawo makin kurang disukai dan tidak banyak dikonsumsi oleh masyarakat, umumnya yang tinggal di daerah perkotaan.
Masyarakat di pedesaan, saat ini juga banyak yang merasa enggan untuk menanam pohon sawo.
Selain sawo termasuk tanaman tahunan, yang artinya butuh waktu cukup lama untuk bisa dinikmati buahnya, sebagian masyarakat ada yang percaya – konon – pohon sawo merupakan salah satu pohon yang disenangi dan sering dijadikan tempat tinggal para Genderuwo. Wallahu’alam.

Padahal pada jaman dulu, pohon sawo ini sering ditanam di pekarangan. Bahkan karena pohonnya yang rimbun, ditanam di halaman depan untuk peneduh.
Rasa buah sawo sebenarnya tidak kalah dengan rasa buah-buahan lainnya.
Buah sawo ini terasa sangat manis jika benar-benar telah masak. Dan masyarakat umumnya memanfaatkan pohon sawo hanya dengan mengkonsumsi buahnya saja.

Yang cukup jarang diketahui adalah, ternyata buah sawo ini cukup baik untuk mengobati penyakit diabetes secara alami.

Pemanfaatan buah sawo sebagai obat diabetes secara alami ini memang tidak seheboh dengan pemanfaatan pohon Yakon misalnya.
Namun pada dasarnya kedua tanaman ini memiliki khasiat dan efek yang hampir serupa.
Mengkonsumsi buah sawo dengan cara membuatnya menjadi ramuan yang tepat diketahui cukup efektif untuk mengontrol kadar gula dalam darah pada penderita diabetes.

Sebagaimana diketahui, hingga saat ini sebenarnya belum ada obat yang benar-benar mampu mengobati dan menyembuhkan penyakit diabetes. Obat-obatan penyakit diabetes, termasuk insulin pada dasarnya “hanyalah” sebagai obat penstabil kadar gula dalam darah.
Saat kadar gula dalam darah penderita diabetes terkontrol dan stabil, penyakit diabetes biasanya tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan.
Sehingga secara medis, dokter biasanya akan memberikan “obat” insulin untuk mengontrol dan menstabilkan kadar gula darah para penderita diabetes.

Penggunaan insulin memang cukup mudah.
Namun yang perlu diingat, harga dari insulin juga tidak murah.
Sehingga menggunakan bahan-bahan yang alami untuk para penderita penyakit diabetes sangat patut untuk dipertimbangkan.
Hingga saat ini, Pohon Yakon memang dipercaya merupakan bahan alami terbaik untuk digunakan para penderita diabetes atau penyakit gula ini. Namun pohon Yakon masih agak sulit ditemukan, sebab sebaran dari pohon Yakon ini memang cukup terbatas.
Karena itu sebagai salah satu alternatif pengganti yang cukup mudah didapat adalah dengan menggunakan buah sawo.

Untuk memanfaatkan buah sawo sebagai obat alami penyakit diabetes, dapat dilakukan dangan cara berikut ini.

- Siapkan beberapa buah sawo, bisa buah sawo yang telah natang ataupun mentah
- Cuci bersih
- Potong-potong hingga ukurannnya cukup kecil
- Rebus potongan buah sawo ini dengan air secukupnya hingga mendidih
- Matikan api, dinginkan beberapa saat lalu disaring
- Minum air rebusan buah sawo ini secara rutin untuk mengatasi penyakit diabetes.

Satu hal yang perlu diingat, karena merupakan langkah pengobatan secara alami, maka harus dilakukan secara rutin dan teratur.
Selain itu pola dan jenis makanan yang dikonsumsi juga harus benar-benar diperhatikan. Karena salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap penyakit diabetes adalah makanan.
Lihat juga :

Anda mungkin menyukai postingan ini