-->

Data Dan Fakta Dadap Serep, Tanaman Obat Yang Ampuh Tapi Dipandang Sebelah Mata

Pohon Dadap Serep sebenarnya termasuk salah satu tanaman obat yang ampuh, tapi pada kenyataannya malah sering dipandang sebelah mata. Berikut data dan faktanya.

Anda tahu pohon dadap serep bukan ? Belum ?

Itulah…...seperti yang dikatakan di atas Tanaman Obat yang satu ini memang sering dipandang sebelah mata. Padahal sebagai tanaman obat, pohon dadap serep ini memiliki banyak khasiat pengobatan secara alami. Dan bisa jadi tumbuhan ini malah sudah ada dipekarangan anda.

Karena itu, pasti tidak rugi jika mengetahui data dan fakta tentang pohon Dadap Serep ini :

- Tahukah anda jika pohon dadap serep dewasa, tingginya bisa mencapai 22 meter ?
Dan tahukah anda pula, jika sudah dewasa diameter lingkar pohon ini bisa mencapai 50-60 cm.

- Pohon dadap serep berwarna kelabu kehijau-hijauan dengan gari-garis pucat yang membujur. Meski batangnya terlihat licin, tetapi ada duri-dari yang menempel padanya.

- Daun bentuknya “manis” seperti hati, warnanya hijau muda, bergaris atau bertulang daun di tengah dan pinggir. Daunnya membesar semakin ke ujung namun terkadang bentuknya bisa sampai bulat dengan ujung yang pendek dan tajam. Tiga helai daun bersatu dalam satu tangkai dan berbentuk belah ketupat.

- Meski pohon dadap serep bisa tumbuh dimana-mana, pada daerah dengan ketinggian 300-1500, namun tanaman ini sebenarnya merupakan tumbuhan penghuni asli hutan-hutan pantai. Persebarannya mulai dari Afrika Timur, India, Asia Tenggara, Kepulauan Nusantara hingga Australia. Hebatnya lagi, pohon dadap serep ini bisa tetap tumbuh pada tanah yang asam, pada pH tanah antara 4.5 – 8.0.

- Pohon dadap serep ini termasuk pilih-pilih dalam berbunga. Pohon ini baru mau berbunga antara bulan Oktober sampai Desember.

- Nama ilmiah dari Dadap Serep ini boleh dibilang cantik namun agak “saru”. Sebab nama ilmiahnya adalah Erythine Litosperma Miq. (Erythine – nya sih cantik, Tapi Litosperma-nya itu lho..)

- Menurut penelitian, daun dadap menandung zat : alkaloid, eritradina, eritrina, eritramina, hipaforina, dan erisovina. Karena itu rasanya pahit.
Namun memiliki sifat mendinginkan, dan membersihkan darah. - Kulit batang dan cabang muda dari pohon dadap serep ini dapat digunakan sebagai obat demam..

- Kulit batang atau Pepagan pohon dadap serep juga berkhasiat sebagai pencahar, peluruh kencing dan pengencer dahak.

- Cairan dari kulit batang dan cabang pohon dadap serep dapat digunakan sebagai obat cuci mata - Daun dadap serep, khasiatnya lebih beragam lagi.

- Daun dadap serep sangat berguna terutama bagi ibu-ibu. Sebab bisa digunakan mulai dari untuk mencegah keguguran, mengurangi rasa sakit pasca haid, untuk melancarkan dan memperbanyak ASI, juga untuk perawatan bagi ibu setelah melahirkan ( nifas ).

- Selain dari kulit batang dan cabang muda, daun dadap serep juga memiliki khasiat untuk mengobati demam.

- Daun dadap serep bisa untuk mengobati, mulas, sakit perut, disentri sampai cacingan.

- Daun dadap yang dipanaskan juga ampuh untuk mengobati penyakit rematik.

- Sedangkan bagi yang suka lalapan, daun dadap serep muda merupakan lalapan yang lezat. Sedangkan yang tidak suka lalapan, masak saja daun dadap serep sebagai sayuran.

- Meski sedemikian banyak manfaatnya, ternyata pohon dadap serep ini sangat jarang ditanam secara sengaja oleh manusia.
( Itulah sebabnya dikatakan pada judul artikel ini bahwa tanaman obat ini sering dipandang sebelah mata alias disepelekan ).

Lihat juga :

Anda mungkin menyukai postingan ini