-->

9 Macam Orang yang Tidak Boleh Mengkonsumsi Teh Hijau ( Dampak Negatif Mengkonsumsi Teh Hijau Yang Wajib Diketahui )

Cukup banyak artikel atau posting yang membahas tentang kehebatan khasiat teh hijau.
Bisa jadi hal ini dipengaruhi atau saling mempengaruhi karena adanya iklan-iklan produk teh hijau yang sangat gencar dipromosikan ke masyarakat.
Khasiat dan kebaikan teh hijau memang tidak dapat dipungkiri. Tingginya kandungan antioksidan didalamnya membuat teh ini sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Namun demikian, teh hijau juga bisa memberikan dampak negatif kepada beberapa orang.
Orang-orang yang memiliki sensitivitas pada teh hijau dapat mengalami gejala atau gangguan kesehatan seperti gelisah, iritabilitas, masalah tidur, tremor, jantung berdebar – debar, hilangnya nafsu makan, sakit perut, mual, sering buang air kecil, dan ruam – ruam pada kulit.
Terlebih jika mengkonsumsinya secara tidak tepat.

Karena itu jika anda termasuk orang dengan kategori sensitif seperti di atas, akan lebih baik jika tidak mengkonsumi teh hijau. Sebab bukannya memperoleh manfaat , melainkan penyakit yang didapat.

Setidaknya inilah 9 orang yang tidak boleh mengkonsumsi teh Hijau dan dampak negatif mengkonsumsi Teh Hijau yang wajib diketahui :

1. Dampak kandungan kafein dalam Teh hijau

Teh hijau mengandung kafein cukup tinggi. Kafein ini dapat meningkatkan denyut jantung dan tekanan darah. Kafein juga dapat meningkatkan kadar gula dalam darah darah.
Karena itu para penderita gangguan jantung, penderita diabetes sebaiknya hati-hati jika mengkonsumsi teh hijau.
Hal yang sama berlaku juga bagi penderita gangguan psikologis, terutama gangguan kecemasan atau gangguan panik , dan hipertiroidisme.

2. Teh hijau kurang baik dikonsumsi oleh anak-anak

Sebab selain adanya kandungan kafein yang yang mungkin bisa memberikan stimulus secara berlebihan, teh hijau juga mengandung Tanin yang bisa menghalangi penyerapan zat gizi pada anak, terutama protein dan lemak. Padahal usia anak-anak adalah periode untuk bertumbuh dan berkembang.

3. Teh hijau bisa memicu Insomnia

Adanya kandungan kafein pada teh hijau, pada orang tertentu juga bisa memicu insomnia. Karena itu, orang-orang yang mengalami gangguan tidur sebaiknya membatasi mengkonsumsi teh hijau.
Jumlah yang masih bisa ditolerir adalah tidak lebih dari 3 cangkir per 10 hari.

4. Teh hijau bisa mengganggu dan berinteraksi dengan obat

Orang yang sedang menjalani pengobatan medis dengan secara teratur harus minum obat-obatan sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi teh hijau. Sebab kandungan alami dalam teh hijau diketahui dapat mengganggu dan berinteraksi dengan beberapa jenis obat-obatan tertentu yang diminum.
Seandainya “memaksakan diri” minum teh hijau, sebaiknya lakukan 2 jam setelah minum obat.

5. Teh hijau berisiko tinggi untuk Wanita hamil dan atau wanita menyusui

Teh hijau juga cukup berbahaya bagi kehamilan. Sebab dalam teh hijau selain terkandung kafein juga terdapat Catechin dan asam tannic, yang dapat menimbulkan resiko tinggi bagi kehamilan.
Mengkonsumsi teh hijau dalam jumlah besar saat mengalami kehamilan bisa menyebabkan terjadinya kelahiran cacat pada tabung saraf pada bayi.

6. Teh hijau berbahaya bagi para penderita Anemia

Selain merupakan minuman yang tidak mengandung kalori ( zero kalori ), teh hijau juga dapat menghambat proses penyerapan nutrisi tertentu. Salah satunya adalah zat besi.
Diketahui ekstrak teh hijau mampu mengurangi penyerapan besi non-heme sebesar 25%.
Padahal zat ini sangat dibutuhkan oleh para penderita Anemia atau kurang darah.
Selain itu mengkonsumi teh hijau dalam jangka panjang diketahui dapat mengembangkan mekanisme perlindungan dengan memiliki kelenjar parotic yang lebih berat.

7. Teh hijau tidak baik bagi para penderita lambung

Teh hijau juga tidak baik dikonsumsi oleh orang yang menderita gangguan lambung. Teh hijau merupakan stimulan kuat terhadap asam lambung. Kandungan kafeinnya juga bisa menimbulkan masalah perut.
Jika para penderita gangguan lambung ingin mengkonsumsi teh hijau sangat disarankan untuk menambahkan susu dan gula ke dalam teh hijau.

8. Teh hijau bisa memicu penyakit beri-beri

Penyerapan tiamin (vitamin B) oleh tubuh dapat berkurang karena mengkonsumsi teh hijau. Karena penyerapan berkurang maka pada tubuh bisa terjadi defiesiensi Thiamin.
Dan ketika tubuh kekurangan Thiamin yang dibutuhkan dapat menyebabkan kondisi yang dikenal sebagai penyakit beri-beri.

9. Teh hijau juga bisa menimbulkan noda pada gigi

Sebagaimana layaknya ketika minum kopi, mengkonsumsi teh hijau – terutama dalam jumlah banyak dan sering – juga dapat menimbulkan noda dan plak pada gigi.
Dan ketika noda dan plak ini tidak dibersihkan dalam waktu 24 jam, maka pada akhirnya akan mengeras dan menjadi karang gigi.
Karena itu sangat disarankan untuk menggosok dan membersihkan gigi sesaat setelah minum teh hijau.

Itulah setidaknya 9 macam orang yang tidak boleh mengkonsumsi teh hijau dan dampak negatif mengkonsumsi Teh Hijau yang wajib diketahui.

Teh hijau memang sehat dan menyehatkan.
Namun ketika dikonsumsi secara tidak tepat juga bisa membahayakan.
Karena itu harus pintar dan hati-hati dalam memilah dan memilih. Jangan semata-mata termakan bujuk rayu promosi dan iklan.
Semoga bermanfaat.
Lihat juga :

Anda mungkin menyukai postingan ini