-->

Melancarkan Dan Memperbanyak ASI Secara Alami Dengan Daun Dadap Serep

Daun Dadap Serep ternyata memiliki manfaat tidak hanya melancarkan ASI, tetapi juga memperbanyak produksi ASI secara alami.

Hingga saat ini, menurut pakar kesehatan dan ahli gizi, ASI masih tetap merupakan yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi bayi.
Dalam ASI terkandung hampir semua zat gizi yang dibutuhkan bayi. Karena itulah mereka sangat menyarankan agar para ibu dapat menyusui atau memberikan bayi kepada bayinya.

Masalahnya adalah, pada beberapa ibu, produksi ASI-nya sedikit atau tidak lancar. Sehingga ketika digunakan untuk menyusui bayi, bayi terkadang masih kekurangan dan kelaparan.
Dan ketika ibu berada dalam kondisi seperti ini, mau tidak mau, ibu harus berupaya untuk meningkatkan produksi ASI ( air susu ) nya.

Berdasarkan pengalaman nenek moyang, sebenarnya ada banyak cara untuk meningkatkan dan atau memperlancar produksi ASI.
Dengan memanfaatkan ramuan daun katuk adalah salah satunya. Rajin-rajin dan rutin mengkonsumsi jagung goreng ( Jawa : Marning ) adalah cara lainnya. Disamping cara-cara di atas ada lagi cara alami untuk melancarkan dan memperbanyak produksi ASI.
Yaitu dengan memanfaatkan daun dadap serep.

Namun yang perlu diperhatikan pohon Dadap Serep ini berbeda dengan Dadap Hias yang memiliki warna bunga merah menyala dan dan bentuk pohonnya berupa perdu pendek.
Yang dimaksud dengan Dadap serep disini adalah Pohon yang memiliki ciri khas adanya duri-duri halus pada batangnya dengan warna kelabu kehijau-hijauan dengan garis-garis pucat yang membujur.
Pohon dadap serep dewasa bisa mencapai ketinggian samai 22 meter.
Pohon ini banyak tumbuh liar di hutan-hutan di wilayah pesisir atau pegunungan yang memiliki ketinggian antara 300-1500 meter di atas permukaan laut.
Terutama dapat tumbuh dengan baik pada daerah yang lembab dan setengah kering, dengan curah hujan 800 – 1500 mm pertahun dan 5-6 bulan basah.

Pohon dadap serep ini juga mampu tumbuh pada tanah-tanah bergaram, tanah yang terendam air secara berkala, dan tanah kapur berkarang. Selama pH tanah berada pada kisaran antara 4.5 – 8.0.
Daun dadap serep berupa daun majemuk beranak daun tiga, hijau hingga hijau muda, poros daun dengan tangkai panjang 10–40 cm. Anak daun bundar telur terbalik, segitiga, hingga bentuk belah ketupat dengan ujung tumpul; anak daun ujung yang terbesar ukurannya, 9-25 × 10-30 cm.
Menurut penelitian daun dadap mengandung berbagai macam zat antara lain : alkaloid, eritradina, eritrina, eritramina, hipaforina, dan erisovina. Karena itulah daun dadap ini memiliki banyak manfat untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk memperbanyak dan melancarkan produksi ASI. Bagaimana cara menggunakan daun dadap serep ini untuk memperbanyak dan melancarkan produksi ASI.
Caranya sangat gampang.
Yang perlu anda lakukan hanyalah dengan memanfaatkan daun dadap serep ini sebagai sayuran. Atau dengan mencampurkannya dengan sayuran lain yang anda buat.
Dalam hal ini ambil dan gunakan daun dadap serep yang masih muda.

Dengan mengkonsumsi daun dadap serep muda ini secara rutin dan teratur, insya Allah produksi ASI akan lebih banyak dan lebih lancar.

Selain berkhasiat untuk memperbanyak dan melancarkan produksi ASI, mengkonsumsi daun dadap serep juga berkhasiat untuk membuat tidur lebih lelap dan juga ketika digunakan bersama bunganya dapat memperlancar menstruasi.

Untuk mengetahui kegunaan dadap serep yang lainnya, dapat dilihat di bawah ini :

Anda mungkin menyukai postingan ini